oleh

Dana Pilkada 2024 Ditanggung Bersama, Pemkab Lebak Berharap 40-60

Kabar6-Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Al Kadri menyatakan, dana pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 akan ditanggung bersama dengan Pemprov Banten.

“Karena pelaksanaan Pilbup dan Pilgub akan dilakukan serentak, nah kemarin provinsi mengundang kita menyampaikan bahwa ini sharing dananya. Pekerjaannya kan sama satu paket, petugasnya juga kan itu sama,” kata Al Kadri kepada Kabar6.com, Sabtu (9/4/2022).

Al Kadri mengatakan, total anggaran pelaksanaan Pilbup Lebak termasuk dengan pengawasan dan pengamanan diusulkan sebesar Rp135 miliar. Anggaran tersebut sudah termasuk dengan penerapan prokes COVID-19.

Berkaitan dengan itu, Pemkab Lebak menyiapkan cadangan dana pilkada Rp75 miliar.

**Baca juga:Ratusan Aset Tanah Pemkab Lebak Belum Bersertifikat

“Kita cadangkan segitu bercermin dari anggaran pelaksanaan pilbup sebelumnya sekitar Rp60 miliar. Jadi kita siapkan segitu, tapi kita belum evaluasi lagi berapa keseluruhannya,” ujar Al Kadri.

Al Kadri berharap, Pemprov Banten bisa lebih besar mengalokasikan dana dalam sharing anggaran Pilkada 2024 nanti. Hal itu melihat kemampuan anggaran provinsi yang lebih besar.

“Saat rapat dengan provinsi kita sampaikan harapan nya provinsi bisa 60 dan kabupaten 40 ya. Tapi, item apa yang menggunakan dana mana itu belum kita bahas,” katanya.(Nda)