oleh

Dalam Kondisi Mabuk, Seorang Pria Telan Ikan Lele Beracun Hidup

Kabar6-Dalam kondisi mabuk akibat minuman beralkohol, terkadang orang tidak memperhitungkan bahaya yang mengancam nyawanya. Hal itu juga yang terjadi pada seorang pria berusia 28 asal Belanda.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu, melansir livescience, menelan ikan lele perunggu beracun dan berduri hidup-hidup. Peristiwa yang terjadi di sekitar Rotterdam, Belanda, ini dilakukan oleh sekelompok pria muda yang tampaknya terinspirasi oleh acara televisi Amerika ‘Jackass’. Mereka memiliki kebiasaan ‘menutup’ minuman keras dengan menelan ikan hidup.

Para pemuda itu biasanya menelan ikan mas hidup dari akuarium rumah mereka, makhluk kecil licin yang tidak banyak bergerak ketika ditelan. Namun saat insiden terjadi, salah satu pria mencoba menelan lele perunggu (Corydoras aeneus), ikan akuarium populer dengan naluri pertahanan alami yang kuat. Akibatnya, ia dilarikan ke ruang gawat darurat rumah sakit. Dengan sangat hati-hati, dokter mengeluarkan ikan berduri dari tenggorokan pria itu.

Sementara, seorang direktur di Museum Sejarah Alam Rotterdam bernama Moeliker, memeriksa sisa ikan lele yang berhasil dikeluarkan dokter. Ikan itu berukuran 5-8 cm, dilindungi dengan duri pada sirip dada. Ketika ikan menjadi stres misalnya saat mereka ditelan oleh pemangsa, duri-duri itu menjadi tegak dan dapat memompa racun ke mulut penyerang mereka.

“Karena itu, lele perunggu tidak memiliki predator seperti burung dan ikan lainnya,” kata Moeliker. Dalam rekaman video tampak sekelompok pria berdiri di sekitar minum dan berteriak “grote vis, grote vis!” (Bahasa Belanda untuk ” Ikan besar! Ikan besar !”)

Seorang lelaki, memegang segelas air jernih dengan ikan lele hidup di dalamnya, mencoba menelannya utuh. Empat detik kemudian, dia meludahkan air dan ikan ke tangannya, dan melemparkannya ke atas meja, di mana ikan itu menggelepar.

“Ini jelas merupakan tiga kasus medis paling aneh yang pernah saya temui,” kata Dr. Linda Benoist, seorang residen medis di University Medical Center Rotterdam yang merawat pasien. ** Baca juga: 4 Wanita dengan Rekor Mengejutkan dalam Dunia Seks

Benoist menyadari bahwa permainan menelan ikan adalah tradisi aneh di antara beberapa anak muda di daerah itu. Pria itu membutuhkan pembedahan untuk mengangkat ikan, dengan para ahli bedah yang memberikan perhatian sangat besar dengan hati-hati menghilangkan duri ikan dari jaringan halus di tenggorokan.

Untungnya, prosedur itu berhasil dan pria itu kini baik-baik saja. Sementara ikan lele itu akhirnya disimpan di Museum Sejarah Alam Rotterdam, yang bersebelahan dengan rumah sakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru