oleh

Daftar Tunggu Haji Panjang, Kemenag Lebak Minta Masyarakat Waspadai Ini

Kabar6-Waiting list atau daftar tunggu calon jemaah haji di Kabupaten Lebak terbilang cukup panjang yaitu sampai tahun 2037.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebak menyebut, daftar tunggu haji sampai bulan Desember 2018 sebanyak 11.806 orang ditambah tahun ini 427 orang yang telah mendaftar. Hingga tahun 2019, tercatat 12.233 orang.

“Calon haji yang masuk waiting list terbanyak berasal dari Kecamatan Rangkasbitung, Kecamatan Malingping dan Kecamatan Wanasalam,” kata Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Lebak, Humaedi Hakim, Rabu (13/3/2019).

Panjangnya daftar tunggu menjadi perhatian Kemenag yang mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai jika ada pihak-pihak yang menjanjikan bisa mempercepat pemberangkatan ke tanah suci.

“Masyarakat jangan percaya kalau ada yang mengaku bisa mempercepat keberangkatan jemaah yang masuk daftar tunggu,” terang Humaedi.

“Kami sudah layangkan surat imbauan melalui KUA agar terus mensosialisasikan persoalan ini kepada masyarakat,” tambahnya.**Baca Juga: Jumlah Tenaga Pelipat Kertas Suara di Lebak Dinilai Kurang.

Kemenag Lebak kata dia tidak mempunyai kewenangan dalam pemberangkatan calon jemaah akan tetapi menggunakan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat)

“Penentuan calon haji yang bisa diberangkatkan harus sesuai jadwal tunggu, yaitu calon yang sudah terdaftar datanya di Kanwil Kemenag Banten,” jelas Humaedi.(Nda)

Berita Terbaru