Daftar 8 Kota Besar di Dunia yang Dinilai Miliki Kualitas Udara Bersih

kabar6.com
Helsinki, Finlandia/Ilustrasi

Kabar6-Salah satu risiko yang dialami penduduk metropolitan di dunia adalah tingkat polusi tinggi, bahkan di pagi hari saat udara seharusnya masih terasa segar. sehingga menyebabkan di dunia.

Namun beberapa kota besar di dunia ternyata masih menjaga kemurnian udara di tempat tinggal mereka, sehingga seperti dilansir CNN Indonesia, dinilai memiliki kualitas udara bersih yang tinggi. Kota mana saja yang dimaksud?

1. Madrid, Spanyol
Penduduk di kota ini, khususnya yang menetap di distrik Malasana, lebih memilih berjalan kaki atau menggunakan sepeda ketimbang kendaraan bermotor sebagai moda transportasinya.

2. Monaco
Negara ini menjadi salah satu yang memiliki udara terbersih di benua Eropa. Menurut WHO, kota ini memiliki tingkat polutan PM 2,5 yang sangat rendah.

3. Helsinki, Finlandia
Transportasi umum di tempat ini sangatlah diperhatikan. Bahkan saat ini sudah ada lebih dari 3.800 kilometer jalur khusus sepeda.

4. Montevideo, Uruguay
Meskipun berada di daerah tropis, Montevideo mampu mewujudkannya bahkan dengan takdir sebagai kawasan pesisir, pemerintah kotanya berkomitmen untuk tidak mencemari udara di Montevideo.

5. Edinburgh, Skotlandia
Kota ini dulunya juga tak jauh berbeda dengan kota-kota dengan udara tercemar lain di seluruh dunia. Namun kota ini bertransformasi menjadi kota yang udaranya bersih, bahkan lebih bersih dari beberapa kota besar lain di Eropa.

6. Ottawa, Kanada
Pada 1950-an, masterplan kota Kanada memasukkan sekira 202 kilometer persegi sebagai kawasan hijau yang tidak boleh diutak-atik. Secara tidak langsung, mereka membiarkan alam bekerja untuk menciptakan keseimbangn. Hasilnya, Ottawa menjadi salah satu kota terbersih di dunia.

7. Wellington, Selandia Baru
Kota pesisir di Selandia Baru ini adalah salah satu tujuan para wisatawan yang ingin bersantai, sembari menikmati udara segar. Meski sudah menyandang predikat kota dengan udara bersih di dunia, pemerintah kota Wellington memiliki ambisi terkait efisiensi energi dan program pengolahan sampah. ** Baca juga: Berulangkali Cipratkan Genangan Air ke Arah Pejalan Kaki, Pengemudi Minibus di Kanada Dipecat

8. Stockholm, Swedia
Kota ini adalah pemenang kota terhijau, selain terbersih, di benua Eropa pada 2010. Meskipun sudah mendapatkan predikat tersebut, namaun pemerintah kota Stockholm masih ingin menguragi tingkat emisi karbon sebanyak 25 persen. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Peran serta warga menjadi kontribusi yang sangat berarti untuk mewujudkan kota dengan udara bersih dan sehat.(ilj/bbs)