oleh

Cumi Bercangkang Itu Bernama Nautilus

Kabar6-Ada satu jenis binatang laut yang sangat unik bernama Nautilus. Sekilas, binatang ini mirip siput karena memiliki cangkang. Namun Nautilus bukan berasal dari keluarga siput.

Nautilus tergolong keluarga Chelapoloda, atau satu golongan dengan cumi-cumi dan gurita. Karena itulah Nautilus adalah satu-satunya jenis cumi-cumi yang memiliki cangkang.

Cangkang Nautilus, melansir oceanservice, berbentuk spiral (berbentuk garis memutar) bergaris keperakan, berfungsi untuk melindungi bagian tubuh Nautilus yang lunak. Seperti keluarga cumi-cumi lainnya, Nautilus juga memiliki tentakel. Jumlahnya mencapai 90-an tentakel, terbagi menjadi dua lingkaran. Berbeda dengan tentakel cumi-cumi atau gurita, tentakel Nautilus tidak memiliki pengisap. Untuk bernapas, Nautilus memiliki dua pasang insang.

Nautilus tergolong predator, pemakan udang dan ikan-ikan kecil yang tertangkap oleh tentakelnya. Uniknya, hewan ini hanya butuh makan sekali sebulan. Kebanyakan Nautilus hanya berdiameter sekira 20 cm. Jenis terbesar Nautilus pompilius yang hidup di Australia barat dengan diameter mencapai 26,8 cm. Sedangkan jenis terkecil yaitu Nautilus macromphalus, biasanya hanya berukuran 16 cm.

Hal unik lain dari Nautilus adalah caranya menyelam. Cumi bercangkang menyelam dengan cara memasukkan air ke dalam ronga-ronga tubuhnya. Dalam cangkangnya, Nautilus memiliki 28 rongga yang saling berhubungan. Saat hendak menyelam, Nautilus mengisinya dengan cairan. Sebaliknya, ketika hendak mengapung, Nautilus mengeluarkan cairan dari dalam rongga dan menggantinya dengan gas. ** Baca juga: Sejarah Mencatat 5 Pemabuk Paling Sukses di Dunia

Benar-benar salah satu ciptaan Tuhan yang unik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru