oleh

Cuma Simulasi, RS Siloam Karawaci Terbakar

Suasana saat simulasi kebakaran di RS Siloam.(shy)

Kabar6-Ratusan pasien di Rumah Sakit Siloam, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dikisahkan heboh dan harus dievakuasi.

Itu akibat kebakaran yang terjadi di ruang rawat inap pasien, lantai lima, Gedung RS. Siloam, Selasa (28/2/2017).

Kebakaran terjadi diduga akibat korsleting listrik pada ruang rawat inap rumah sakit tersebut.

Namun, kehebohan itu bukanlah peristiwa nyata, melainkan hanya sebuah simulasi yang dilakuan pihak RS Siloam bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tangerang.

“Ini hanya simulasi. D. rutin kita lakukan setiap enam bulan sekali, untuk mengajarkan kepada para pegawai, bagaimana tanggap pertama pada saat menghadapi kebakaran akibat konsleting listrik. Selain itu, kita juga ajarkan cara mengevakuasi pasien secara cepat dan hati-hati,” ungkap Pelaksana Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Heri Andrianto.

Dalam simulasi itu, pihak Damkar juga mengajarkan, bila kebakaran terjadi akibat konsleting listrik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah, melemparkan pasir ke sumber api.**Baca juga: Pengelola Tol Jakarta-Merak Pasang Timbangan.

“Jangan pakai kain basah, karena bahaya. Tapi pakai pasir,” ujarnya.**Baca juga: Pemkot Tangsel Janji Gratiskan Biaya Transfusi Darah.

Diketahui, dalam simulasi yang memakan waktu satu jam tersebut, pihak Damkar menyediakan dua unit mobil pemadam kebakaran serta, personil bantuan seperti TNI, unsur kesehatan, rumah sakit dan kepolisian.(Shy)

Berita Terbaru