oleh

Cuma Bayar Pakai Botol Plastik Bekas, Bisa Naik Kereta Keliling Roma

Kabar6-Roma tengah mengujicobakan program Ricicli+Viaggi atau daur ulang dan wisata. Program ini tengah dijalankan di tiga stasiun metro di Roma, yakni Cipro di jalur A, Piramide di jalur B, dan San Giovanni di jalur C.

Hal yang unik, melansir Lonelyplanet, untuk memperoleh tiket metro gratis Anda cukup masukkan botol plastik ke mesin daur ulang yang telah disediakan di tiga stasiun tadi. Setiap botol plastik akan dikonversi menjadi nominal saldo di kartu perjalanan metro.

Botol plastik berukuran 0,5 dan dua liter akan ditukar dengan saldo lima sen. Sementara satu perjalanan metro biaya yang harus dileuarkan sebesar €1.50, sehingga Anda perlu mengumpulkan sekira 30 botol plastik bekas untuk naik metro.

Sebelumnya, Anda harus mengunduh aplikasi MyCicero atau Tabnet untuk turut serta dalam program ini. Anda perlu memindai barcode yang terdapat pada mesin daur ulang agar dapat mengetahui nominal saldo yang masuk, sebelum memasukkan botol ke mesin daur ulang.

Paolo Simioni, presiden ATAC yang juga pengelola transportasi publik di Roma menyebut bahwa program ini sebagai bentuk mata uang baru di era modern, menandingi cryptocurrency atau mata uang digital.

“Saat mata uang crypto sedang tren, kita punya mata uang plastik,” ujar Simioni. “Sistem ini tidak hanya mendorong kebiasaan untuk mendaur ulang sampah, tetapi juga membangun kesetiaan konsumen dan mengapresiasi perilaku positif masyarakat.”

Meskipun diperlukan cukup banyak botol plastik untuk menikmati satu kali perjalanan metro, bukan berarti konsumsi botol plastik harus bertambah. Program ini dinilai sebagai motivasi bagi warga Roma agar secara rutin memunguti sampah di jalanan untuk kemudian ditampung di tempat yang sudah disediakan. ** Baca juga: Istri Gugat Cerai Gara-gara Sang Suami Terlalu Romantis

Bisa ditiru, nih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru