oleh

Cuaca buruk, Dua Kapal Senggolan di Pelabuhan Merak

Kabar6-Akibat cuaca buruk, dua Kapal Motor Penumpang (KMP), bersenggolan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, Selasa (15/12/2015).

 

Dua kapal yang bersenggolan itu adalah KMP Panorama Nusantara dengan KMP Mitra Nusantara.

 

Informasi yang diperoleh kabar6.com di lapangan, kejadian itu bermula saat KMP Panorama Nusantara akan masuk ke Dermaga III Pelabuhan Merak.

 

Namun, karena cuaca buruk dan angin yang cukup kencang, kapal yang diketahui milik PT Jembatan Laut (Jemla) itu bergeser ke Dermaga II, yang jaraknya tidak jauh dari Dermaga III.

 

Senggolan pun tak dapat dihindarkan, lantaran pada saat bersamaan KMP Mitra Nusantara tengah melakukan bongkar muat penumpang di dermaga II.

 

Akibat kejadian itu, KMP Panorama Nusantara mengalami robek dibagian lambung kiri. Meski tidak menyebabkan korban jiwa, namun peristiwa senggolan itu sempat membuat aktivitas di Dermaga II dan III terhenti beberapa jam, sampai kedua kapal itu berhasil dipisahkan.

 

Selanjutnya, kapal yang mengalami robek dibagian lambung langsung melakukan anchor di laut Merak. ** Baca juga: Kapal Perompak Diamankan Lanal Banten

 

Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo, membenarkan adanya kejadian senggolan dua KMP tersebut.

 

“KMP Panorama Nusantara dan KMP Mitra Nusantara bersenggolan karena cuaca buruk, ketinggian gelombang bisa mencapai 1,5 meter dengan kecepatan angin hingga 20 knot,” jelas mario.

 

Menurut Mario, meski aktivitas penyeberangan masih berjalan normal, namun akibat cuaca buruk tersebut aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheuni sedikit terganggu, terutama pada saat sore dan malam hari.

 

“Cuacanya buruk, jadi Saat ini kapal roll on-roll off (ro-ro) sulit bersandar, karena deras arus laut dan angin yang cukup kencang,” ujarnya. (sus)

Berita Terbaru