oleh

Cuaca Buruk Ancam Angkutan Mudik Lebaran di Merak

Kabar6-Lalu lintas angkutan mudik Lebaran di Pelabuhan Merak (Banten)-Pelabuhan Bakauheni (Lampung) diperkirakan akan mengalami hambatan karena ancaman cuaca yang kurang bersahabat.

“Kalau cuaca buruk terjadi ketika puncak arus mudik berlangsung, tentu akan menjadi persoalan karena kapal mengalami sulit sandar serta tidak bisa menyeberang,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten Opar Sohari di Serang, Senin (22/7/2013).

Prediksi mengenai kelancaran lalu lintas penyeberangan di Pelabuhan Merak dikemukakan Opar Sohari dalam rapat koordinasi persiapan Lebaran tahun 2013.

Persoalan ancaman cuaca buruk di Pelabuhan Penyeberangan Merak, katanya, menjadi perhatian serius Kementerian Perhubungan.

Opar berharap, kondisi cuaca nanti tidak menganggu penyeberangan sehingga masyarakat yang akan melakukan penyeberangan tidak terhambat, terlebih jumlah pemudik di Pelabuhan Merak-Bakauheni terus meningkat secara signifikan.

Hal senada diungkapkan juru bicara PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi. Ia mengakui, kondisi cuaca buruk menjadi permasalahan bagi kapal untuk bersandar.

“Informasi yang kami terima dari Badan Meteorologi dan Geofisika, sampai Agustus cuaca kering basah, angin bertiup cukup kencang. Ini akan mengakibatkan kapal-kapal kesulitan bersandar dan akan menimbulkan penumpukan penumpang,” kata Mario.

Disebutkan, kondisi cuaca buruk dan kesiapan kapal yang akan beroperasi pada musim Lebaran tahun 2013 telah dibahas ASDP bersama sejumlah pihak dan instansi berwenang seperti Gapasdap, TNI AL, dan KPLP Banten.(bbs/yps)

Berita Terbaru