oleh

CSD Buka Lokasi Pertambangan di Blok Cikoneng dan Cibitung

Kabar6- PT Cibaliung Sumber Daya (CSD) kembali melakukan kegiatan penambangan baru di blok Cikoneng dan Cibitung, Kabupaten Pandeglang. Metode pertambangan itu dilakukan secara terbuka.

Pihak CSD mengklaim segala kegiatan pertambangan bakal dilakukan sesuai dengan ketentuan.

Direktur Keuangan PT.CSD Darnoto mengatakan rencana kegiatan penambangan terbuka di blok Cikoneng dan Cibitung, pihaknya telah menyiapkan draf dokumen adendum Analisis Dampak Lingkungan (Andal), RKL dan RPL untuk menjadi pembahasan.

“Adapun penyusunan draf dokumen kepatuhan dan kelengkapan terhadap peraturan, kami meminta bantuan konsultan, mudah-mudahan proses ini secepatnya segera selesai, “kata Darnoto, Kamis (11/6/2020).

PT CSD adalah anak perusahaan dari PT Aneka Tambang (Antam), merupakan perusahaan tambang lokal. Operasional tambang yang mulai beroperasi di tahun 2009 ini sudah melakukan penambangan emas dengan metode underground.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang, Tati Suwagiharti mengatakan kegiatan penambangan pasti sangat berdampak pada lingkungan. Akan tetapi sampai sejauh mana dampak tersebut tidak merugikan dan membahayakan.

**Baca juga: Demokrat Belum Tentukan Arah Dukungan di Pilkada Pandeglang.

Menurutnya, dalam hal ini PT CSD terlebih dahulu harus membuat draf dokumen sejak awal, karena dokumen tersebut berisi tentang janji dan komitmen perusahaan.

“Pada intinya Pemerintah daerah mendukung rencana kegiatan penambangan terbuka, karena kehadiran CSD sangat membantu Pemkab Pandeglang dalam meningkatkan ekonomi, dan pembangunan,” jelasnya.(aep)

Berita Terbaru