oleh

COVID-19 Bikin Perairan di Kota Venesia Jadi Lebih Bersih

Kabar6-Pandemi COVID-19 yang menimbulkan kepanikan dan menelan banyak korban, di satu sisi ternyata memiliki dampak positif, yaitu destinasi wisata menjadi bersih karena tidak ada turis yang berani berkunjung.

Hal itu juga yang terjadi pada Kota Venesia, Italia, yaitu perairannya menjadi jernih. Hal itu, melansir tempo.co, karena gondola yang biasa lalu lalang kini tidak lagi beroperasi. Ikan-ikan yang dulu bersembunyi, satu per satu mulai menunjukkan keberadaannya, berenang di perairan Venesia yang membiru.

Disebutkan, penduduk lokal di Venesia baru menyadari bahwa perairan di kota mereka sebenarnya bisa menjadi lebih jernih. Saking jernihnya, sampai bisa melihat ikan berenang di dalamnya.

Pemandangan langka itu diabadikan penduduk lokal ke media sosial. Mereka membentuk sebuah grup Facebook dengan nama ‘Venezia Pulita’, yang berarti ‘Venesia yang asri’.

Beberapa warga lokal menyebutnya sebagai keajaiban yang dibawa COVID-19, karena selama ini yang mereka rasakan adalah virus itu telah membawa penderitaan bagi mereka. Selain membuat akses ke kota Venesia ditutup, hal itu juga memukul kegiatan ekonomi di sana.

“Venesia tampak menakjubkan. Virus (Corona) itu sudah membawa sesuatu yang cantik,” kata Katia Fameli, salah satu penduduk lokal. Sementara penduduk lain bernama Villa Lory menambahkan, “Menakjubkan, sampai sampai kita bisa melihat ikan berenang di perairannya.”

Menanggapi fenomena tersebut, pemerintah setempat mengatakan bahwa jernihnya perairan Venesia dikarenakan tak ada lagi gondola yang mengangkat sauh. Selama ini, gondola-gondola membawa sedimen ke dalam perairan Venesia yang membuatnya keruh.

Alhasil, ketika gondola tidak ada lagi, perairan Venesia menjadi bersih. Diketahui, Venesia adalah satu dari sekian banyak kota di Italia yang ditutup aksesnya untuk menekan penyebaran COVID-19. ** Baca juga: Disamarkan sebagai Boneka Voodoo, Janin Bayi Diselundupkan Lewat Bandara Bangkok ke Florida

Di balik musibah, selalu ada hikmah yang bisa didapat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru