oleh

Corona, Warga Binaan Lapas Pemuda Tangerang Buat Masker Sendiri

Kabar6 – Merebaknya wabah Virus Corona atau Covid-19 membuat kelangkaan masker terjadi hampir di setiap daerah termasuk Tangerang.

Kelangkaan masker tersebut membuat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang berinisiatif menciptakan masker sendiri dari bahan kain. Selain agar lebih ekonomis, pemilihan bahan kain tersebut bertujuan agar masker dapat dipakai secara berulang-ulang.

Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Jumadi mengatakan pembuatan masker sudah dilakukan sejak Kamis (26/3/2020) lalu. Tujuan dari para WBP tersebut adalah untuk memutus mata rantai Virus Corona yang korbannya kian hari kian bertambah.

“Saat ini hanya diproduksi untuk internal dibagikan kepada petugas dan warga binaan saja, namun kedepannya jika ada pesanan dari pihak luar kami usahakan bisa diproduksi untuk diperjualbelikan masker hasil karya WBP Lapas Kelas I Tangerang ini,” kata Jumadi kepada wartawan, Sabtu (28/3/2020).

Jumadi menjelaskan, dalam satu hari pihaknya mengusahakan dapat memproduksi masker lebih kurang sebanyak 1000 potong, yang dikerjakan oleh 10 orang WBP.

“Dengan adanya kegiatan ini, selain demi menjaga dan mencegah penyebaran Virus Corona kami juga berharap warga binaan memang selalu produktif dan berguna bagi masyarakat,” jelasnya.

**Baca juga: Antisipasi Corona, Warga CitraRaya Swadaya Bikin Bilik Disinfektan.

Jumadi berharap, semoga hasil karya WBP Lapas Kelas I Tangerang berupa masker yang saat ini merupakan barang langka di pasaran dapat berguna bagi sesama dan dapat menutus penyebaran dan penularan virus yang berasal dari Kota Wuhan tersebut.

“Hampir semua apotek saat virus ini pertama kali diketahui sudah masuk Indonesia stoknya menipis dan bahkan tidak ada. Untuk itu, warga binaan diajak berkarya dengan membuat masker agar dapat berguba bagi sesama terutama dalam menangani Virua Corona ini,” pungkasnya. (Vee)

Berita Terbaru