oleh

Cokelat Bisa Sebabkan Tubuh Melar?

Kabar6-Mengonsumsi beberapa potong cokelat, terutama cokelat hitam, setiap minggu dapat memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Cokelat hitam mengandung lebih banyak flavonoid, senyawa yang membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kadar kolesterol darah. Di sisi lain, kandungan lemak dan kalori cokelat yang tinggi bisa ‘mengacaukan’ manfaat dari cokelat.

Jika Anda mengonsumsi kalori lebih dari jumlah yang disarankan, seperti dilansir Sfgate, misalnya sekira 500 kalori dalam sehari, maka berat badan akan meningkat sekira ½ kg. Satu batang cokelat ukuran biasa bisa mengandung 580 kalori. Jadi bila Anda konsumsi cokelat satu batang setiap hari, maka bisa mengalami peningkatan berat badan sekira ½ kg atau lebih.

Dalam 1/3 cangkir cokelat hitam mengandung 7,1 gram lemak tak jenuh tunggal dan 25,5 gram karbohidrat. Sedangkan susu cokelat mengandung 4 gram lemak tak jenuh tunggal dan 32,9 gram karbohidrat.

Selain rasio lemak tak jenuh tunggal yang lebih bermanfaat terhadap karbohidrat total, cokelat hitam mengandung hampir tiga kali serat makanan dan kurang dari setengah gula susu cokelat.

Kombinasi serat yang lebih tinggi dan gula yang lebih rendah ini mengurangi nafsu makan dengan membantu Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan mengurangi risiko diabetes. Dengan demikian, cokelat hitam berpotensi memiliki sedikit dampak pada penambahan berat badan dibandingkan susu cokelat.

Mengonsumsi cokelat lebih jarang atau dalam jumlah yang lebih kecil dapat membantu mengurangi dampaknya terhadap berat badan Anda. Saat ‘ngidam’ cokelat, cara lain untuk ‘memanjakan’ lidah tanpa takut menambah berat badan adalah dengan memgonsumsi buah yang manis dan mengandung serat tinggi seperti pir.

Hal itu karena bila Anda tetap ingin makan cokelat dan di sisi lain ingin berat badan ideal, maka Anda harus meningkatkan aktivitas fisik, misalnya orang dengan berat 72 kg dapat membakar 280 kalori tambahan dengan berjalan kaki selama 45 menit dengan kecepatan tinggi, menetralisir kalori secara efektif dalam 1/3 cangkir cokelat. ** Baca juga: ‘Singkirkan’ Barang yang Tidak Diperlukan dari Kamar Bantu Anda Tidur Nyenyak

Jadi segala sesuatunya memang tidak boleh berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru