oleh

Citra Raya, Check Point Polda Metro Jaya dan Banten

Kabar6-Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, dalam Operasi Ketupat Jaya 2013 untuk pengamanan Lebaran, kepolisian mendirikan lokasi check point di dua titik di perbatasan wilayah hukum Polda Metro Jaya dengan Polda Banten dan Polda Metro Jaya dengan Polda Jawa Barat.

“Untuk check point di perbatasan Polda Metro Jaya dengan Polda Banten, berada di Citra Raya, Cikupa. Sementara di perbatasan Polda Metro Jaya dengan Polda Jabar ada di Kedung Waringin, Bekasi,” kata Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Dia menyebutkan, untuk memberikan rasa aman terhadap warga, kepolisian juga menyiagakan petugas reserse dan intel serta mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) di terminal-terminal, pelabuhan, bandara, mal, tempat wisata, tempat ibadah, dan objek-objek vital.

Dijelaskan, terdapat 111 Pospam dimulai dari Cikupa, Tangerang, hingga Kedaung Waringin, Kabupaten Bekasi yang menyediakan tim kesehatan terdiri atas dokter, perawat, dan psikolog. Pemudik dapat memeriksakan kesehatannya pada pos-pos ini.

Selama Operasi Ketupat yang digelar pada tanggal 2 hingga 17 Agustus 2013, kata Rikwanto, selain melibatkan anggota berseragam, kepolisian menugaskan anggota berpakaian preman seperti intel dan reserse.

Anggota reserse dan intel bertugas secara tertutup, artinya tidak menggunakan pakaian dinas.

Disebutkan, dalam praktek di lapangan, petugas reserse dan intel akan menyamar sebagai penumpang bus di terminal, gabung bersama masyarakat yang beli karcis, atau menyamar jadi pedagang asongan.

“Petugas tak hanya disebar di terminal tetapi juga di tempat keramaian seperti mal, pelabuhan, dan bandara, sehingga anggota diharapkan akan bergerak cepat ketika ada gelagat kejahatan,” ucapnya.(bbs/yps)

Berita Terbaru