oleh

Ciri Orang Sehat Itu Seperti Apa Sih?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Banyak orang yang merasa jika dirinya sehat, baik secara fisik maupun psikis. Bahkan, seringkali orang berpikir jika seseorang tidak sedang terkena penyakit, itu pertanda bahwa mereka dalam kondisi sehat.

Penelitian ilmiah terbaru di bidang Kesehatan Masyarakat yang dilakukan oleh Departemen Gizi dan Kesehatan Sekolah Kedokteran Harvard, Amerika Serikat (AS), merumuskan ada lima tanda utama seseorang sehat di era modern ini. Apa sajakah itu? Dikutip Esquire, berikut uraiannya:

1. Bangun pagi di rentang jam yang sama setiap hari
Terbiasa bangun pagi belum tentu pertanda Anda sehat, karena bisa jadi Anda bangun pagi karena terpaksa atau dibangunkan. Rutin bangun pagi yang dimaksud di sini adalah bangun tidur karena jam alami tubuh.

Nah, jam alami tubuh yang sudah teratur sedemikian rupa menandakan bahwa Anda bangun dalam kondisi segar, suatu momen yang sangat diharapkan dalam tidur berkualitas.

2. Sarapan pagi
Orang sehat tidak akan melewatkan sarapan pagi karena telah memiliki cukup waktu untuk bersiap, dari mulai bangun tidur hingga berangkat beraktivitas. Sarapan pagi yang sehat adalah sarapan dengan kandungan serat, lemak, dan protein yang cukup, bukan yang tinggi karbohidrat.

3. Konsumsi kopi atau teh
Meskipun bukan hal wajib, konsumsi kopi atau teh bermanfaat untuk membantu meningkatkan semangat serta pertahankan kinerja fokus otak.
“Kandungan kafein secukupnya di pagi hari, baik melalui kopi atau teh, terbukti secara ilmiah bantu perlancar aliran darah ke otak sehingga tubuh terasa lebih segar dan bersemangat,” jelas Dawson Abderguirman, salah satu penulis utama penelitian terkait.

4. Konsumsi air putih yang cukup
Anjuran konsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari dapat berbeda pada beberapa orang, tergantung bagaimana kondisi fisik serta iklim utama di tempatnya tinggal. Namun, sangat dianjutkan untuk setidaknya minum satu gelas penuh air putih setiap 2-3 jam sekali agar terhindar dari dehidrasi.

5. Stretching
Mayoritas masyarakat modern banyak beraktivitas di balik meja, dan hal tersebut nyatanya bisa membuat tubuh pegal-pegal karena jarang bergerak. Untuk itu, sangat disarankan melakukan stretching setiap 1-2 jam sekali guna menghindari risiko tubuh kaku, kesemutan, bahkan encok.

Rajin melakukan stretching di sela-sela waktu kerja juga bermanfaat bantu hindari risiko lemah fisik dini. Tentu saja agar Anda tidak terlihat seperti manula di usia aktif. ** Baca juga: Langkah Sehat Olah Makanan

Sudah sehatkah gaya hidup Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru