oleh

Cilegon Siap Bangun Pelabuhan Warnasari Senilai Rp 600 Miliar

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon akan segera membangun Pelabuhan Warnasari di atas lahan seluas 45 hektare di Kota Cilegon. Investasi yang akan dikucurkan mencapai Rp 600 miliar.

“Kota Cilegon tidak memiliki potensi alam selain laut, kalau ini bisa dimanfaatkan tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon,” kata Walikota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi, Senin (26/8/2013).

Diakui, terkait lahan yang akan dibangun pelabuhan, Pemkot Cilegon belum mengantongi Hak Pengelolaan Lahan (HPL) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“HPL diurus, cuma belum jadi karena pengurusan itu butuh waktu yang lama. Tapi kalau terus menunggu HPL, rencananya enggak segera jalan dong,” ujar Iman.

Disebutkan, pihaknya telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Samudera Indonesia Tbk untuk membangun pelabuhan.

“Nota kesepahaman itu merupakan kerjasama pemanfaatan lahan Warnasari yang akan dikembangkan sebagai pelabuhan dengan cara kerjasama membangun, mengelola, dan mengoperasikan pelabuhan serta fasilitasnya,” jelas Iman.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Samudera Indonesia Masli Mulya mengatakan, perusahaannya berkomitmen menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Warnasari pada 2015.

“Kurang lebih kami membutuhkan Rp 600 miliar untuk membangun pelabuhan berikut fasilitasnya seperti pergudangan,” ujarnya.(bbs/jus)

Berita Terbaru