Cerro Gordo, Kota Hantu di California Laku Seharga Rp19,6 Miliar

Salah satu sisi kota hantu Cerro Gordo.(Fortune)

Kabar6-Mungkin pembeli yang satu ini jeli melihat peluang bisnis. Karena itulah ia pun tak ragu membeli sebuah kota hantu di Owens Valley, California, Amerika Serikat, seharga Rp19,6 miliar. Rupanya, ia berencana mengubah kota hantu tadi menjadi tempat tujuan wisata.

Kota hantu bernama Cerro Gordo ini, seperti dilansir Fortune, merupakan sebuah kota pertambangan tua yang telah ditinggalkan penghuninya selama beberapa dekade lalu. Lokasi tersebut dibeli kelompok investasi yang dipimpin oleh Brent Underwood dan Jon Bier. Pada 1865, Cerro Gordo sempat mengalami masa keemasan ketika perak ditemukan. Saat itu, Cerro Gordo memiliki sebuah hotel, museum, sebuah kapel, sebuah rumah besar dengan delapan tempat tidur dan beberapa rumah kecil.

“Kami ingin mempertahankan sifat historis dari properti ini sambil memperkenalkan fasilitas yang akan memungkinkan lebih banyak orang untuk datang ke sini,” kata Underwood.

Jake Rasmuson dari Bishop Real Estate mengatakan, kota hantu itu sempat menerima tawaran hingga Rp28 miliar. Namun pemilik sebelumnya lebih menyukai rencana Underwood dan Bier untuk kota itu. ** Baca juga: Seorang Pria Selalu Pakai Topeng Tiap Keluar Rumah untuk Hindari Sinar Matahari

“Lapangan pengembangan berkisar dari taman bermain hingga fasilitas perawatan ke lahan pertanian,” kata Rasmuson. “Visi pembeli adalah untuk menjaga properti ini terbuka untuk umum, dan ini dihargai oleh pemilik sebelumnya.” ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Ditambahkan, “Ada tawaran lain, tetapi rencana Underwood bermanfaat bagi pelestarian dan akses publik pada kota ini.” (ilj/bbs)