Home / Aneka Berita / Sehat / Cermat Memilih Makanan Olahan yang Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi/bbs

Cermat Memilih Makanan Olahan yang Baik untuk Kesehatan

Kabar6-Seperti diketahui, sebagian besar makanan olahan memang tidak sehat dan kurang dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Meskipun demikian, ternyata beberapa jenis makanan olahan baik untuk kesehatan, asalkan Anda cermat memilihnya. Dilansir Cheatsheet, berikut adalah lima makanan olahan yang dimaksud:

1. Greek yogurt
Berbeda dengan yoghurt lainnya, greek yoghurt memiliki tekstur yang lebih tebal dan mengandung lebih sedikit karbohidrat dan gula. Greek yoghurt juga mengandung lebih banyak protein, yang dapat membantu pertumbuhan otot dan kulit.

Termasuk juga mengandung probiotik, yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda dan menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat di dalam saluran pencernaan Anda. Kadar kalium dan kalsium yang cukup tinggi di dalam greek yoghurt juga dapat membantu perbaikan otot yang rusak paska olahraga.

2. Selai kacang
Selai kacang memang mengandung cukup banyak lemak dan kalori. Namun bila Anda memilih selai kacang almond, walnut, atau kacang mede, maka selai kacang dapat menjadi pilihan yang sehat.

Hal ini karena selai kacang tersebut mengandung banyak lemak tidak jenuh tunggal dan ganda, yang diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, yang berarti risiko Anda untuk terkena gangguan jantung dan diabetes juga akan menurun.

Selain itu karena mengandung lemak, protein, dan serat yang cukup tinggi, selai kacang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pilihlah selai kacang yang mengandung lebih sedikit gula dan tidak mengandung zat pengawet.

3. Kacang kalengan
Meskipun makanan kaleng bukanlah pilihan paling sehat, kacang kalengan sebenarnya cukup sehat bagi jantung. Hal ini karena kacang kalengan sebenarnya mengandung sedikit lemak jenuh dan kalori, tetapi masih mengandung cukup banyak serat, yang dapat menurunkan risiko gangguan jantung dan diabetes.

Pilihlah kacang kalengan yang mengandung lebih sedikit garam (natrium). Atau, Anda dapat membilas kacang sebelum menggunakannya untuk mengurangi kandungan garam di dalamnya.

4. Tuna & salmon kalengan
Salmon kalengan mengandung asam lemak omega 3, salmon kalengan juga mengandung kalsium. Tuna kalengan, baik yang dikemas dalam air atau minyak juga mengandung cukup banyak protein dan asam lemak omega 3. Tuna yang dikemas dalam minyak memiliki lebih sedikit omega 3 dibandingkan dengan tuna yang dikemas dalam air, meskipun perbedaanya sangat tipis.

5. Buah atau sayuran beku
Meskipun buah dan sayuran segar tampaknya lebih sehat, biasanya tidak tahan lama dan lebih mahal. Buah dan sayuran beku ternyata juga lebih bermanfaat bagi kesehatan karena dibekukan dan dikemas saat sedang berada pada masa puncaknya. ** Baca juga: Sebenarnya, Apa Sih Manfaat Guling untuk Kesehatan?

Jadi tidak selamanya makanan olahan itu merugikan asalkan Anda cermat memilih.(ilj/bbs)

Check Also

Sarapan Tidak Bikin Berat Badan Naik, Ini Aturannya

Kabar6-Sebuah studi di Amerika Serikat (AS) berjudul ‘Meal Frequency and Timing Are Associated with Changes ...