oleh

Cerdas Pilih Roti yang Menyehatkan

Kabar6-Roti menjadi salah satu menu sarapan yang banyak dipilih orang, dimakan dengan berbagai toping pilihan antara lain selai, cokelat, keju, dan lain sebagainya. Selain praktis, roti juga cukup mengenyangkan.

Meskipun terlihat sepele, Anda sebaiknya cermat dalam memilih roti untuk dikonsumsi, karena bisa jadi kita terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dalam sehari. Melansir Sehatfresh, begini cara memilih roti yang sehat:

1. Cek label
Pilih roti yang pada labelnya tertulis terbuat dari bahan gandum utuh atau whole wheat. Roti yang terbuat dari bahan ini biasanya kaya akan kandungan protein, vitamin, mineral, dan juga serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Serat
Roti yang baik memiliki kandungan serat paling banyak. Serat akan membuat kita lebih cepat merasa kenyang, sekaligus mampu menahan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Tidak hanya itu, serat juga baik bagi pencernaan kita. Disarankan untuk memilih roti dengan kandungan serat lebih dari tiga gram.

3. Hindari bahan kimia
Sebaiknya hindari roti yang mengandung bahan kimia maupun pengawet. Roti yang beredar di pasaran ternyata juga banyak yang mengandung pewarna buatan, perasa buatan dan bahkan bahan pengawet. Tidak hanya itu, hindari juga roti yang mengandung sirup jagung fruktosa atau lemak trans yang tidak sehat bagi tubuh.

Nah, apa saja sih jenis roti yang berada di pasaran?

1. Rolls
Roti ini berbentuk bundar seperti kentang yang memiliki tekstur lembut dan didalamnya mengandung protein dan serat yang tinggi. Jika ingin mengonsumsi Rolls ini sebaiknya pilih yang tidak terlalu manis dan tidak berkalori tinggi.

2. Organic sprouted (roti tawar tanpa gula)
Roti ini juga memiliki kandungan kaya akan serat dan protein. Komposisi utama dari roti tawar ini adalah gandum utuh. Anda dapat memilih roti ini untuk dikonsumsi karena kandungannya serta teksturnya yang kasar.

3. Whole wheat
Roti jenis ini adalah roti dengan gandum utuh. Rasanya yang lezat, penuh serat dan rendah kalori cocok untuk sarapan. Pilihlah whole wheat yang memiliki label gandum utuh di kemasannya.

4. Multi grain
Roti jenis ini memiliki butiran gandum yang masih utuh sehingga teksturnya benar-benar kasar. ** Baca juga: Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas?

5. Brown bread
Roti yang berwarna cokelat ini mengandung gula cokelat sehingga menghasilkan warna yang lebih gelap.

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru