oleh

Cerdas Memilih Makanan Berdasar Usia

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Semakin bertambah usia, prioritas dan kebiasaan makan Anda pun akan berubah. Karena itulah kebutuhan gizi juga perlu diperhatikan. Hal yang harus diingat, makan yang sehat dengan gizi seimbang berbeda untuk setiap umur.

Bagaimana memilih makanan berdasarkan usia? Dikutip Meet Doctor, berikut uraiannya:

1. Usia 20-an & 30-an
Pada rentang usia ini Anda banyak kekurangan zat besi. Jika sering mengalami menstruasi berat, Anda mungkin juga perlu meningkatkan kadar folat, terlebih jika tengah merencanakan kehamilan.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi antara lain pisang, jeruk, bayam atau sayuran hijau lain, ayam, daging sapi tanpa lemak dan biji-bijian. Sementara itu hindari terlalu banyak kafein dan alkohol. Taati pola makan teratur.

2. Usia 40-an
Setelah usia 40, metabolisme tubuh akan menurun. Alasan sederhana adalah banyak orang di kelompok usia ini mulai mengalami perubahan kadar hormon dan pola makan yang buruk, serta kurang berolahraga.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi antara lain lemon, ikan, telur, dan apel. Sementara hindari makan dalam porsi berlebihan dan cukupi kebutuhan protein.

3. Usia 50-an
Masalah kesehatan, seperti kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2, lebih sering terjadi pada kelompok usia ini. Diet rendah lemak yang mencakup banyak buah dan sayuran adalah cara terbaik untuk mencegah dan mengobati kondisi seperti ini.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi antara lain kedelai, sayuran segar, serta semangka. Sementara hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein, alkohol, makanan yang terlalu pedas, serta makan dalam porsi berlebihan.

4. Usia 60 tahun ke atas
Faktanya, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengembangkan penyakit kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, arthritis dan lain-lain. Karena itulah mungkin memerlukan bantuan profesional untuk mengatur diet Anda.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi antara lain blueberry, bayam, atau keju. Hindari terlalu banyak mengonsumsi garam, konsumsi air yang cukup, taati pola makan teratur, olahraga secukupnya, dan hindari konsumsi lemak berlebihan. ** Baca juga: Selain Haid, Ada 6 Hal Lain yang Bisa Bikin Mood Wanita Berubah

Jangan remehkan pola hidup sehat untuk hidup lebih berkualitas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru