oleh

Cepat Lelah? Hindari Konsumsi Ini

Kabar6-Terkadang kita seringkali merasa cepat lelah, sehingga beberapa aktivitas menjadi terganggu.

 

Selain waktu tidur dan istirahat yang kurang, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari, karena dapat menjadi pencetus kelelahan.

 

1. Hindari memanaskan makanan berulang-ulang, karena justru akan menghilangkan kandungan gizi, bahkan menimbulkan lemak yang berbahaya bagi tubuh.

 

2. Hindari mengonsumsi makanan manis, karena akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Akhirnya tubuh akan melepas insulin, serta akan banyak asam amino triptofan yang masuk ke otak, pemicu produksi hormon seritonin yang memiliki efek relaksasi dan mengantuk.

 

3. Hindari mengonsumsi gorengan, karena memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, sehingga dapat membuat tubuh mengeluarkan energi lebih banyak untuk mencerna makanan tersebut.

 

4. Pisang mengandung magnesium dan potasium yang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga dapat membuat tubuh menjadi rileks dan mengantuk.

 

5. Mengonsumsi daging merah membuat tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan tersebut, sehingga memerlukan energi yang lebih dibandingkan dengan makanan lainnya.

 

6. Kandungan karbohidrat tinggi pada roti dan nasi putih akan membuat kadar gula dalam darah naik dan turun secara cepat, yang pada akhirnya akan membuat tubuh kamu jadi lebih mudah lelah.

 

7. Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang dapat menimbulkan rasa cemas berlebihan, sehingga tubuh akan merasa sangat lelah karena banyak energi yang terkuras untuk mengatasi rasa cemas tersebut.

 

8. Pasta adalah salah satu makanan bertepung yang dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah dengan mendadak dan juga menaikkan kadar gula dengan cepat pula.

 

9. Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol akan memperlambat kerja sistem saraf tubuh dan bersifat merilekskan otot-otot. Alhasil tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat.

 

10. Kalkun mengandung asam amino triptofan yang bisa membawa tubuh dalam keadaan lebih rileks. ** Baca juga: Kendalikan Mood Melalui Cara Ini

 

Jadi, hindari jenis makanan yang dapat memicu kelelahan pada tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru