oleh

Cenderung Lebih Sehat, Orang yang Bangun Pagi

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang terbiasa bangun pagi? Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Obesity, ditemukan bahwa orang yang bangun pagi cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih sehat dibanding mereka yang terbiasa bangun siang.

Courtney Peterson PhD, salah seorang peneliti, mengatakan bahwa morning person (orang yang bangun pagi) punya banyak manfaat ekstra mencegah obesitas tubuh dibanding night owls atau orang yang suka begadang. Dikutip dari Vemale, alasannya karena secara insting orang yang bangun pagi akan memilih konsumsi makanan yang sehat di pagi hari.

Beberapa penelitian lain pun menunjukkan bahwa orang yang terbiasa sarapan pun bisa membantu menurunkan risiko kegemukan dan bahkan membantu menurunkan berat badan, diabetes hingga penyakit jantung.

Dalam penelitian dianalisis 2.000 orang yang dipilih secara acak untuk mengetahui apakah jam tidur biologis mereka memengaruhi keputusan pilihan makanan.

Hasilnya, mereka yang bangun pagi akan cenderung memilih makanan sehat sepanjang hari dibanding yang sering begadang pada malam hari dan bangun siang. ** Baca juga: Seberapa Sering Anda Harus Keramas Ditentukan Oleh 3 Faktor

Orang yang sering bangun siang cenderung memilih makanan kaya gula, tinggi garam dan segala makanan gurih yang tinggi lemak. Disarankan agar Anda tidur lebih awal dan bangun pukul 5.00 atau pukul 6.00 agar hidup semakin berkualitas dan sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru