oleh

Cegah Wabah DBD, Puskesmas Cikuya Lakukan Sosialisasi

Kabar6-Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cikuya melakukan Sosialisasi dan penyuluhan guna mengantisipasi mewabahnya Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti, dengan cara pendekatan terbaru dalam pencegahan DBD di Perumahan Taman Kirana Surya RW 12, Desa Pesanggraha Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/2/2019).

Dokter Taufik Nugraha yang didampingi Perawat Asep Wardaya dari Puskesmas Cikuya mengatakan pendekatan terbaru tersebut adalah gerakan satu Rumah satu Jumantik (Juru Pemantau Jentik).

“Kami lakukan gerakan satu Rumah satun Jumantik, ini sangat membantu menurunkan angka penderita dan angka kematian akibat DBD dengan meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga untuk melakukan pencegahan,” ungkap Taufik.

Menurut Dokter Taufik, gerakan ini merupakan program pemberantasan sarang nyamuk, dan harus dilakukan atau peran aktif oleh seluruh masyarakat dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk, khususnya jentik nyamuk Aedes.**Baca Juga: Baznas Lebak Bidik Potensi ZIS dari Pengusaha.

Taufik melanjutka, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu, cara 3M Plus, yaitu; Menguras bak mandi dengan menggunakan ABETE untuk tempat yang sulit dikuras, Menutup tempat penampungan air (Toren), membersihkan vas bunga, membersihkan tatakan dispenser, memanfaatkan barang bekas, Plus cegah gigitan nyamuk.

“Kami berharap dengan sosialisasi DBD ini, akan timbul kesadaran kepada masyarakat untuk terus melakukan pencegahan, sehingga masyarakatpun akan terbiasa dengan pola hidup sehat.(vee)

Berita Terbaru