oleh

Cegah Rambut Rontok dengan 5 Makanan Sehat

Kabar6-Rambut rontok bisa menjadi masalah besar karena dapat merusak penampilan. Nah, tanpa disadari, ada beberapa hal yang ternyata memicu kerontokan rambut.

Misalnya saja penggunaan bahan kimia berlebihan, kebiasaan mengubah gaya rambut, menggunakan beberapa alat panas agar selalu tampil gaya dan juga kebiasaan makan yang buruk.

Nah, makanan sejenis junk food yang tidak memiliki kandungan nutrisi cukup dan gizi yang baik, akan berdampak pada kulit dan rambut. Karena itulah, melansir magforwomen, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Ini lima makanan sehat yang dimaksud:

1. Wortel
Wortel mengandung beta-karoten dan vitamin A yang membantu menghasilkan sebum di kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut dan tidak mudah rontok.

2. Bayam
Sayuran berdaun hijau ini sangat kaya antioksidan dan vitamin B, C, dan E. Selain itu mengandung kalium, asam lemak omega 3, zat besi dan kalsium. Bahan-bahan ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan membantu mencegah rambut rontok.

3. Susu
Dianjurkan untuk rajin mengonsumsi susu atau makanan yang berbahan dasar susu seperti yoghurt dan susu skim. Susu dan produk susu merupakan sumber yang baik dari vitamin A, sehingga membantu meningkatkan produksi sebum di kulit kepala yang membantu mencegah kebotakan.

4. Ikan
Protein sangat penting untuk pertumbuhan rambut Anda. Bila Anda memiliki masalah rambut rontok maka mulailah sering mengonsumsi ikan. Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, mackerel dan cod merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3 yang baik.

5. Oats
Atasi rambut rontok dengan oats atau sereal sebagai sarapan pagi Anda. Oats mengandung vitamin, mineral, protein, kalium, seng, tembaga, magnesium, besi dan fosfor yang secara keseluruhan membantu mencegah rambut rontok. ** Baca juga: Kenali Apa Itu Kulit Kombinasi

Konsumsi makanan di atas dengan teratur dan jangan lupa lakukan perawatan rambut sejak dini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru