oleh

Carter Pesawat Rp 4 Miliar, Nazarudin Diterbangkan ke Indonesia

Kabar6- Dengan mencarter pesawat sebesar Rp 4 Muliar, M.Nazarudin tersangka korupsi wisma atlet Sea Games yang tertangkap d Kolombia, Kamis (11/8)pukul 17:10 waktu setempat atau Jumat(12/8) pukul 05:10 WIB diterbangkan dari Bogota menuju Indonesia.

Di dalam pesawat carteran itu, mantan bendahara partai Demokrat dikawal ketat oleh 12 orang penjemput gabungan dari KPK, Kemenlu, Polri, dan  Kemenkum HAM. Semula  pesawat yang membawa Nazarudin akan mendarat di Halim Perdana Kusumah, Jumat pagi (12/8) pagi.Namun karena terjadi penundaan keberangkatannya, diperkirakan pesawat akan mendarat Sabtu (13/8) pagi.

Menurut beberapa sumber, Nazarudin sempat menolak di deportasi ke Indonesia, dan minta suaka politik agar tetap tinggal di Bogota. Namun, pemerintah Kolombia menolak.

Pengawalan ketat dan khusus dilakukan tim penjemput pimpinan Berigjen Anas dari Mabes Polri agar Nazarudin aman sampai di Indonesia. Tiba di tanah Air, Nazarudin selanjutnya akan dibawa ke kantor KPK. Tiga tempat tahanan Nazarudin sudah dipersiapkan, Salemba, Cipinang, dan Mako Brimob Kelapa Dua.

Sementara itu, Presiden SBY, meminta Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo mengamankan Nazaruddin. SBY juga minta Kapolri segera menangkap WNI (Warga Negara Indonesia) lainnya yang kabur ke luar negeri.”Saya instruksikan kepada Kapolri dan pihak terkait, tangkap buronan lain jangan seolah-olah kita biarkan.”

Salah satunya  target buruan adalah Nunun Nurbaetie, istri mantan Wakapolri Adang Darajatun yang diduga terlibat suap pemilihan Deputi Gubernur Senior BI Miranda Goeltom pada tahun 2004. (bbs/zul)

Berita Terbaru