Cara Sederhana Hindari Kecanduan Junk Food

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sudah sering dibahas jika terlalu sering mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan. Karena itulah para ahli kesehatan menyarankan agar kita mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan mengonsumsi berbagai junk food.

Namun bagi sebagian orang, mengurangi kecanduan terhadap junk food merupakan hal yang tidak mudah. Meskipun begitu, dikutip dari artikelkesehatan99.com, ada beberapa cara sederhana untuk menghindari kecanduan junk food:

1. Ngemil sehat
Junk food memberikan efek tidak pernah kenyang alias selalu lapar. Nah, lebih baik Anda ngemil makanan yang lebih sehat seperti kacang-kacangan atau buah-buahan.

2. Temukan pengganti
Daripada membeli junk food, Anda bisa membuat makanan sendiri yang lebih sehat. Misalnya dengan membuat sandwich dari roti gandum berisi sayuran dan daging ayam tanpa lemak.

3. Hilangkan kebiasaan buruk
Hindari ngemil atau makan junk food sambil menonton televisi. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makan sambil menonton TV membuat orang tidak fokus terhadap makanan, yang pada akhirnya secara tidak sadar Anda telah menghabiskan junk food dalam porsi besar.

4. Hindari alkohol
Alkohol akan memperburuk penilaian Anda terhadap makanan. Hal ini akan mendorong orang untuk makan segala jenis makanan, sekalipun makanan yang dikonsumsi tersebut tidak sehat seperti junk food.

5. Cukup tidur
Tidurlah 7-8 jam setiap malamnya. Apabila kurang tidur, nafsu makan Anda semakin meningkat. Alhasil, kecanduan Anda terhadap junk food pun akan semakin parah.

6. Tentukan batasan
Mengurangi kecanduan terhadap junk food membutuhkan proses yang tidak instan. Untuk awal proses, kurangi sedikit demi sedikit jumlah pesanan junk food.

Berikutnya, pesanlah hanya burger saja tanpa tambahan kentang goreng dan soda. Bila Anda sudah terbiasa akan hal itu, maka hentikan kebiasaan mengonsumsi junk food sepenuhnya. ** Baca juga: Tidur Lebih Berkualitas Dengan Teh Herbal Ini

Untuk hidup sehat, tidak sulit khan?(ilj/bbs)