oleh

Cara Sederhana ‘Buang’ Kelebihan Berat Badan

Kabar6-Mengurangi porsi makan dan rutin berolahraga menjadi pilihan yang banyak dilakukan orang untuk membuang lemak pada beberapa bagian tubuh, atau mengurangi berat badan.

Di sisi lain, para ilmuwan telah menemukan beberapa cara mudah membuang beberapa kilogram berat badan, yang mungkin tergolong tak biasa. Melansir Sindonews, ini tujuh cara sederhana yang dimaksud:

1. Minum air putih sebelum makan
Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi adalah sangat penting untuk menurunkan berat badan secara efektif. Air minum dapat meningkatkan metabolisme hingga 24-30 persen dalam 1-1,5 jam, yang pada akhirnya membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Studi menunjukkan, minum setengah liter air setengah jam sebelum setiap makan membantu mengurangi kalori. Orang-orang yang minum air kehilangan 44 persen lebih berat ketimbang mereka yang tidak minum air.

2. Minum kopi hitam
Anda mungkin pernah mendengar bahwa kopi hitam sebelum gym membantu meningkatkan kinerja. Studi menunjukkan, kafein dapat meningkatkan metabolisme sebesar 3–11 persen dan meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10-29 persen.

Hal yang harus diingat, jangan menambahkan gula atau bahan kalori tinggi lainnya ke kopi Anda karena akan menghilangkan semua manfaatnya.

3. Lebih sedikit gula
Menambahkan gula itu buruk untuk semua orang dan kebanyakan orang mengonsumsi gula terlalu banyak. Studi menunjukkan, gula dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

4. Puasa intermiten
Puasa intermiten merupakan metode diet yang populer di mana orang-orang siklus antara periode puasa dan makan. Puasa intermiten membantu menurunkan berat badan secara efektif tanpa membuat Anda kehilangan makanan favorit Anda. Ini juga mengurangi hilangnya massa otot yang biasanya terkait dengan diet rendah kalori.

Puasa intermiten adalah puasa yang dilakukan dengan makan seperti biasa selama beberapa hari dalam satu minggu, dan berpuasa di hari-hari lain. Puasa dapat dilakukan dengan sama sekali tidak makan selama jangka waktu tertentu, atau sekadar mengurangi kalori yang masuk.

5. Lebih sedikit karbohidrat olahan
Pasta, roti, kue, gula, biji-bijian semuanya adalah karbohidrat olahan. Karbohidrat ini dilepaskan dari bagian berseratnya. Studi mengungkapkan, karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah dengan cepat dan menyebabkan kelaparan dan mengidam. Pada gilirannya, mengarah ke pesta makan dan karenanya menambah berat badan. Mengonsumsi gula rafinasi sangat terkait dengan obesitas.

6. Makanan pedas
Makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme dan sedikit mengurangi nafsu makan. Anda bisa memasukkan cabai ke dalam makanan Anda. Namun tentu saja jangan terlalu berlebihan.

7. Telur
Makan telur memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan. Studi menunjukkan, makan telur untuk sarapan dapat membantu Anda mengonsumsi 35 persen lebih sedikit kalori dalam 36 jam ke depan.

Lebih sedikit kalori berarti lebih banyak penurunan berat badan. Jika Anda tidak makan telur atau tidak menyukainya, Anda dapat memilih protein berkualitas lainnya untuk sarapan. ** Baca juga: Kenali Jajanan Pasar yang Gunakan Formalin dan Bahan Berbahaya lainnya

Penasaran mencoba? (ilj/bbs)

Berita Terbaru