oleh

Cara Mudah Detoksifikasi Sendiri

Kabar6-Setiap hari tubuh kita terpapar oleh racun, entah dari makanan yang kita kondusmi, sisa-sisa hasil metabolisme atau fungsi yang dilakukan tubuh.

Untuk itu, detoksifikasi diperlukan agar membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Ya, tubuh perlu ‘beristirahat’ untuk membersihkan dirinya.

Sebenarnya di dalam tubuh sendiri sudah ada mekanisme khusus untuk membuang racun, seperti dari keringat atau urine. Namun, ada baiknya Anda juga turut membantu tubuh membersihkan racun.

Setelah melakukan detoksifikasi, tentu Anda akan merasa tubuh lebih segar sekaligus bugar. Detoksifikasi, melansir Pesona, ternyata bisa ‘diselipkan’ di tengah kebiasaan sehari-hari. Bagaimana caranya?

1. Minum air hangat plus sari lemon
Setiap pagi, minumlah secangkir air hangat dengan tambahan sari jeruk lemon segar. Bukan hanya menyegarkan, jeruk lemon membantu menyeimbangkan pH (asam) dalam tubuh serta melancarkan pencernaan.

2. Pilih yang lebih alami
Jaga diet Anda dengan mengonsumsi makanan yang penuh bahan-bahan alami dan mentah (unprocessed food). Cara tersebut adalah detoksifikasi paling efektif setiap hari, terutama karena diet bersih biasanya mengonsumsi sayuran mentah dan buah-buahan. Pastikan menu diet termasuk kubis, bit, dan sayuran hijau, supaya hati dan ginjal Anda tetap sehat.

3. Memasak sendiri
Memasak makanan sendiri di rumah memungkinkan Anda mengontrol bahan-bahan yang sehat untuk dikonsumsi. Ketika makan di luar rumah, Anda tidak pernah tahu bahan-bahan apa saja yang ditambahkan pada makanan.

4. Minum teh hijau
Terlalu sering minum kopi dapat menimbulkan perasaan gugup dan sulit konsentrasi. Karena itu, ganti dengan teh hijau yang kaya antioksidan. Teh hijau juga tinggi kandungan zat katekin, yang berguna mengoptimalkan kerja liver dan meningkatkan produksi enzim-enzim pembantu fungsi detoksifikasi.

5. Berkeringat
Tentunya bukan sekadar keringat karena Anda kegerahan. Di samping mengurangi berat badan, keringat yang dihasilkan oleh olahraga kardio bisa mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh kita. Lebih ampuh lagi jika Anda melakukan sauna atau masuk steam room setelah nge-gym.

6. Yoga
Panas tubuh yang dihasilkan dari gerakan yoga berfungsi sebagai alat detoksifikasi karena sangat mengeluarkan keringat. Manfaat lainnya adalah menguatkan postur tubuh. ** Baca juga: Makanan yang Bantu Produksi Pigmen Kulit

7. Jangan menahan buang air kecil
Toksin atau racun dalam tubuh harus dibuang secepatnya, salah satunya lewat urine. Detoksifikasi tidak bakal berjalan lancar jika Anda malas buang air kecil. Risiko infeksi kandung kemih harus Anda hindari.

Yuk, bantu tubuh buang racun.(ilj/bbs)

Berita Terbaru