oleh

Cara Efektif Bersihkan Layar Ponsel Agar Terhindar dari Bakteri dan Virus

Kabar6-Virus dan bakteri bisa bersarang di berbagai benda atau barang-barang miliki kita, terlebih jika sering digunakan dan jarang dibersihkan. Padahal menjaga kebersihan barang-barang yang selalu digunakan setiap hari sangat penting, terlebih selama pandemi COVID-19 ini.

Salah satunya adalah ponsel yang menjadi barang paling sering disentuh dan digunakan sepanjang hari, sehingga berisiko kotor karena terpapar banyak bakteri.

Diketahui, kandungan bakteri yang ditemukan pada ponsel, jumlahnya berkisar 10 kali lipat dibanding toilet duduk. Berdasarkan data yang diteliti oleh jurnalis kesehatan dari Seattle Times, diketahui bahwa ada 25.127 bakteri yang menempel berpotensi terdapat pada ponsel setiap orang.

Lantas, bagaimana cara efektif bersihkan layar ponsel? Melansir Popmama, berikut penjelasannya:

1. Cairan khusus pembersih layar yang bisa hilangkan bekas sidik jari
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada ponsel Anda, cobalah membersihkan layarnya. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan layar ponsel yang merupakan campuran bahan kimia tertentu. Fungsinya, dapat menghilangkan kotoran maupun sidik jari di permukaan layar secara efektif tanpa merusaknya.

2. Gunakan campuran air dan alkohol untuk meminimalisir kotoran
Pada umumnya, ponsel yang kotor ada pada bagian layarnya. Untuk membersihkannya, Anda perlu membersihkan layar ponsel dengan alkohol. Campurkan air dan alkohol isopropyl 70 persen ke dalam botol semprot.

Lalu semprotkan di kain microfiber yang digunakan untuk membersihkan ponsel. Dengan demikian, smartphone lebih terawat dan bisa diminimalisir kerusakannya.

3. UV smartphone sanitizer yang ampuh membunuh kuman di layar
Bersihkan layar ponsel menggunakan UV smartphone sanitizer atau perangkat pembersih ultraviolet khusus smartphone. Cara tersebut adalah metode yang paling efektif membunuh kuman di layar ponsel. Alat ini memiliki blitzing UV cukup kuat untuk membunuh kuman di layar ponsel.

4. Penggunaan cotton bud dapat menjangkau celah ponsel
Cara efektif membersihkan layar smartphone berikutnya yakni menggunakan tisu basah yang mengandung cairan antiseptik. Gunakan pula bantuan cotton bud untuk membersihkan celah-celah ponsel yang sulit terjangkau.

Bahkan cotton bud lebih mudah menjangkau bagian pinggiran handphone hingga lubang speaker. Penggunaan keduanya bisa membersihkan layar dari debu.

5. Kain fiber yang khusus untuk membersihkan segala jenis layar
Kain fiber memang dibuat khusus untuk membersihkan segala bentuk permukaan seperti lensa, layar komputer, laptop, ponsel hingga televisi.

Tuangkan sedikit air bersih ke permukaan layar handphone, kemudian lap secara lembut menggunakan kain fiber secara vertikal dan horizontal. ** Baca juga: Malas Diet, Atur Pola Makan Agar Berat Badan Tetap Ideal

Jangan malas membersihkan ponsel agar terhindar dari masalah kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru