oleh

Caleg Jangan Cuma Jual Janji Muluk

Kabar6-Pakar komunikasi Imam Tanthowi mengatakan, janji-janji muluk calon legislatif (Caleg) yang sulit ditepati akan menurunkan citra Caleg.

Untuk itu Caleg jelang Pemilu 2014 hendaknya menarik simpati masyarakat dengan memberikan janji-janji yang konkret.

“Masyarakat sekarang lebih cerdas untuk memilih calon, untuk itu pencitraan yang baik seharusnya tidak dibuat-buat,” kata Imam Tanthowi, staf pengajar Universitas Serang Raya di Serang, Rabu (25/9/2013).

Ia mencontohkan, kapabilitas Gubernur DKI Jakarta Jokowi bagus, pencitraannya pun terus-menerus baik di mata masyarakat.

“Untuk membangun citra agar menarik simpati masyarakat, Caleg harus bisa membuktikan dirinya merakyat, sederhana, dan tidak dibuat-buat, jangan mengandalkan janji-janji yang tidak terbukti,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat dianggap belum siap jika dalam pemilu mendatang para anggota DPR selalu mengumbar janji serta pencitraan yang  hanya mementingkan dirinya sendiri.

“Cara kampanye seperti itu justru menjadi kendala bagi masyarakat untuk bersimpati kepada calon anggota dewan,” terangnya.

Pencitraan yang sederhana dan merakyat justru akan mampu menarik simpati. “Masyarakat diajak berdiskusi dan berinteraksi langsung dengan calon anggota DPR yang akan mewakili aspirasi rakyat,” kata Imam menyarankan.(ant/jus)

Berita Terbaru