Cabai Naik, Pemkab Tangerang Imbau Pedagang Jangan Curang

ilustrasi
Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang masih belum bisa berbuat banyak, pascakenaikan harga sejumlah kebutuhan pangan yang terjadi, khususnya pada harga cabai merah keriting yang kini sudah tembus di Rp70 ribu per kilo gram (KG).

“Kenaikan harga komoditas ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor, salah satunya seperti faktor cuaca ekstrim yang belakangan ini terjadi,” ujar Kabid Perdagangan Dalam Negeri pada Disperindag Kabupaten Tangerang, Tubagus Buqhari, Rabu (16/3/2016).

Buqhori menyebut, pemerintah sulit menangani problem kenaikan harga ini, mengingat komoditas yang mengalami kenaikan bukan kebutuhan pokok, seperti beras atau sembako lainnya, yang bisa disiasati dengan bazar dan operasi pasar.

Meski demikian, lanjut Buqhori, pemerintah tetap melakukan imbauan kepada para pedagang untuk tidak berbuat curang dengan memainkan harga. **Baca juga: Bikers Tabrak Wanita Pejalan Kaki di BSD.

“Ya, kita imbau para pedagang jangan curang ataupun nakal, seperti memainkan harga atau mencampurkan barang kualitas bagus dengan yang buruk,” imbaunya. **Baca juga: Di Tangerang, Harga Cabai Merah Keriting Terus Melonjak.

Diketahui, saat ini harga cabai merah keriting kian melambung. Bila sebelumnya cabai merah keriting dijual dengan harga Rp50 ribu per KG, kini naik menjadi Rp70 per KG.

Sedangkan bawang merah yang sebelumnya dibanderol Rp35 ribu per KG, kini melonjak menjadi Rp40 ribu per KG. (shy)