oleh

Busyet, Sikap Calo KIR di Tangsel Bikin Warga Resah

Kabar6-Biasanya, seorang calo akan bersikap ramah untuk menarik hati konsumennya. Namun tidak demikian dengan sikap para calo di area uji kelaikan kendaraan angkuta umum (KIR) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Sebaliknya, para calo KIR di markas Dinas Perhubungan Tangsel justru mengedepankan wajah garang dan kasar terhadap para pemohon KIR.

“Galak-galak banget pak calo di sini. Mana enak kalau digalakin begini,” ungkap salah seorang warga, GN (36) ketika ditemui ingin mengurus KIR, Kamis (12/9/2013).

Pengemudi mobil pick-up ukuran sedang ini mengaku, saat masuk pintu area lapangan uji KIR dirinya telah dihadang oleh sejumlah calo.

Mereka langsung membentak dan mengarahkan GN agar memarkir mobil sesuai posisi yang ditunjuk. “Mereka ngancam surat KIR-nya enggak bakal dikeluarin kalau ngurusnya tidak sama mereka,” sungutnya.

Kepala Seksi Teknik dan Sarana, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Muhammad Syaiful, berjanji jika pihaknya akan menindaklanjuti keluhan pemohon KIR.

Dirinya mengakui, pihaknya sudah melakukan pembinaan terhadap para calo yang ada dikawasan tersebut. “Pembinaan sudah dilakukan untuk menertibkan para calo ini. Bukan kami biarkan begitu saja,” klaimnya.

Syaiful juga menyadari betul keberadaan para calo ini lantaran untuk mencari nafkah. Dirinya juga mengakui ada laporan yang masuk juga soal tindakan oknum calo yang kerap kasar.

Namun, pihaknya tidak bisa langsung menghapus percaloan tersebut. Sebab akan timbul masalah baru.

“Ini kan urusannya dengan piring makan. Mereka cari nafkah juga. Kalau ada laporan tindakan yang tidak sesuai, langsung kita panggil,” katanya.(yud)

Berita Terbaru