oleh

Buset, Praktek Percaloan Masih Sergap TKI di Bandara

Kabar6-Praktek percaloan kiranya masih dialami oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru tiba di lobi Kedatangan Terminal 2 D, Bandara Soekarno Hatta (BSH), Tangerang.

Tak tanggung-tanggung, praktek nakal percaloan pada TKI bahkan tidak hanya melibatkan pihak penjual jasa transportasi semata, tapi diindikasi juga melibatkan pihak security bandara.

Keterlibatan oknum petugas keamanan tersebut dalam hal memberikan keleluasaan bagi para calo untuk dapat beraktivitas diareal loby penumpang, tanpa menggunakan I’d pass resmi yang lazimnya dikeluarkan oleh pihak administrator BSH.

Pengakuan BJ, salah seorang calo kepada kabar6.com, untuk masuk ke areal loby dirinya harus membayar pungli sebesar Rp. 50 ribu kepada security.

“Biaya itu tentunya nanti kita bebankan kepada TKI lewat biaya transport pemulangan. Untuk ongkos pemulangan TKI ke wilayah Jawa, kita patok sebesar enam ratus ribu,” ujar BJ.

Sementara, General Manager Terminal 2 BSH, Saiful Bahri mengatakan, pihaknya akan terjun langsung kelapangan guna mengecek informasi menggeliatnya aktivitas calon pemulangan TKI tersebut.

Dan, lanjut Saiful, bila nanti aktivitas itu benar ditemukan, maka pihaknya tidak akan segan untuk menjatuhkan sanksi berat, baik kepada calo maupun kepada oknum petugas security yang terlibat.

Sedangkan Manager Security Terminal 2 BSH, Waluyo Panut mengaku kecolongan atas maraknya keberadaan orang luar selain petugas bandara di area loby penumpang. “Kami akan sikapi persoalan ini,” ujar Panut lagi.(ali)

 

Berita Terbaru