oleh

Buset, Anggaran Rumah Dinas Walikota Tangerang Capai Rp 4,9 M

Kabar6-Biaya pemeliharan rumah dinas Walikota Tangerang Arief Wismansyah dan Wakil Walikota Sachruddin, yang mencapai dinilai tidak wajar.

Pasalnya, dalam perubahan APBD Kota Tangerang 2014 yang sudah disahkan oleh DPRD setempat periode 2009-2014 pada 27 Januari  2014 lalu, nilai pemeliharaan rumah dinas itu mencapai Rp. 4,9 miliar.

“Biaya pemeliharaan rumah dinas Walikota dan Wakil Walikota Tangerang tercatat sebesar empat koma sembilan miliar. Ini sungguh tidak wajar, sehingga harus segera direvisi,” kata Ibnu Jandi, Koordinator Lembaga Kebijakan Publik (LKP), Selasa (26/8/2014).

Dijelaskan Djandi, dalam salah satu klausul pemeliharaan rumah dinas tersebut, tercatat biaya sewa rumah jabatan atau dinas Walikota dan Wakil Walikota Tangerang sebesar Rp 100 juta dan biaya sewa gedung atau kantor sebesar Rp 4,8 miliar lebih.

“Kalau memang ada sewa rumah dinas, dimanakah sewa rumah Dinas itu. Begitu pula dengan sewa gedung dan kantor,” ujar Dosen Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammaddiyah Tangerang (UMT) itu lagi.

Karenananya, kata Jandi, APBD tersebut harus direvisi, bila tidak ingin muncul bermasalah di kemudian hari. “Sebagai masyarakat Kota Tangerang, kami wajar mengingatkan hal tesebut. Dengan harapan, dikemudian hari Pemda Kota Tangerang tidak menuai masalah,” ujarnya.

Sementara, Walikota Tangerang, Arief R Wisamanyah yang dikonfirmasi seputar biaya pemeliharaan rumah dinas itu tampak kaget. Pasalnya, selama menjabat sebagai Walikota definitif pada Desember 2013 lalu, ia merasa tidak pernah sewa rumah.

“Waduh saya tidak tahu ini. Karena selama ini saya dan pak Wakil tidak tinggal di rumah sewa atau dinas, melainkan tinggal di rumah pribadi,” kata Walikota. **Baca juga: Masuk Rumah Gadis, Diduga Kerabat Wakil Walikota Dicokok Polisi.

Karena itu, Walikota bernjanji akan melakukan pengecekan atas biaya pemeliharaan rumah dinas tersebut. “Terima kasih dengan informasinya dan akan saya cek langsung semua ini,” kata Walikota singkat.(rani)

Berita Terbaru