oleh

Bus Transjakarta Ciputat – Bundaran HI Sepi Peminat

Penumpang Transjakarta naik dari Ciputat.(yud)

Kabar6-Antusiasme warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk beralih naik moda transportasi angkutan massal kiranya masih kurang.

Kondisi itu setidaknya terlihat dari volume penumpang bus Transjakarta yang melayani jurusan Ciputat-Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Suti (25), petugas tiket Transjakarta mengatakan, untuk trayek Ciputat – HI setiap harinya dioperasikan sebanyak 12 unit bus. Rata-rata, penumpangnya berdomisili di sekitar wilayah Parung, Ciputat dan Pamulang, yang bekerja di kawasan Jakarta.

“Setiap harinya jumlah penumpang yang naik bus ini ada sekitar dua ribu orang,” katanya ditemui di halte Jalan RE Martadinata, Cipayung, Kecamatan Ciputat, Selasa (9/8/2016).

Suti jelaskan, setiap harinya moda transportasi massal itu beroperasi mulai pukul 05.00 WIB. Operator mematok harga tiket senilai Rp3.500 per orang. “Cukup murah dan sangat efisien jika dibandingkan dengan kendaraan yang lain,” klaim Suti.

Sofyan (35), awak bus Transjakarta mengisahkan per harinya mampu bolak-balik Ciputat-HI tiga hingga empat kali. Lama perjalanan sekitar tiga jam, sedangkan perjalanan normal 1,5 ditempuh hingga 2 jam.

“Saya bisa pulang pergi tiga hingga empat kali. Kalau narik pagi bisa empat kali. Tapi jika dimuali sejak siang, hanya bisa dua atau tinga kali. Sangat tergantung mulai star awal sesuai jadwal saja,” tuturnya.

Bahkan berjalanya waktu perjalanan Ciputat-HI bisa menghembat waktu satu jam. Kondisi ini tidak separah bulan-bulan yang lalu saat pagi hari sepanjang jalan Ciputat hingga Lebak Bulus macetnya parah. **Baca juga: Setiap Weekend PBB-P2 di Tangsel Raih Rp401 Juta.

“Saya rasakan mulai ada penurunan jumlah kendaraan sejak beroperasinya Transjakarta. Mengapa karena penumpang yang bawa kendaraan mobil dan motor bisa menitipkan kendaraanya di pool Transjakarta,” katanya. **Baca juga: Pemkot Tangsel Pesimis Gedung DPRD Rampung Tahun Ini.

Trnasjakarta Ciputat-HI menghubungkan koridor 1 dan 8. Koridor 1 menghubungkan blok M-Kota. Koridor 8 menghubungkan Lebak Bulus-Harmoni. “Penumpang dapat menggunakan fasilitas tanpa harus dipungut biaya lagi. Ini amat memudahkan sekali,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru