oleh

Buruh PT SCS Demo Tuntut Upah dan BPJS

Kabar6- Ratusan buruh PT Sinar Central Sandang di kawasan Pergudangan Multiguna, Pakualam, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang‎ Selatan (Tangsel) melancarkan aksi mogok kerja. Pada aksi demo tersebut para buruh menagih dua poin tuntutan.

Adi Mulyadi, koordinator buruh‎ mengungkapkan, pihaknya menuntut kenaikan upah. Sebab, kompensasi yang diterima buruh belum mencapai Rp3.270.936 sesuai Upah Minimun Kota (UMK) 2017 di Kota Tangsel.

“Kami juga menuntut keikutsertaan buruh ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” katanya kepada wartawan di lokasi, Rabu (15/3/2017).

‎Menurutnya, buruh menuntut agar perusahaan memenuhi hak-hak para buruh yang selama ini tidak terpenuhi. ‎Selain itu buruh juga menilai uang shift dibayarkan tidak sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

‎Adi menganggap permasalahan ini sudah bertahun-tahun sejak ada keputusan dari Pengadilan Hubungan Industrial pada 2015 lalu. “Namun hingga saat ini belum ada iktikad baik dari perusahaan,” ujarnya.

Sambil menunggu, para buruh juga melakukan aksi orasi dan juga mendengarkan lagu dangdut dan bergoyang bersama.

Aksi unjuk rasa terlihat tidak menganggu arus lalulintas, karena lokasi pabrik cukup jauh dari Jalan Raya Serpong. 

Hingga berita ini diturunkan pihak manajemen belum mau menemui awak media untuk memberi penjelasan, karena masih melakukan pertemuan dengan perwakilan buruh.(yud)

Berita Terbaru