oleh

Buruh Pabrik Plastik Geruduk Disnaker Tangerang

Kabar6-Puluhan buruh PT Yuli Eka Pesona, pabrik yang memproduksi bahan plastik menduduki loby gedung Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Kota Tangerang, Selasa (15/7/2014).

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk curhatan buruh, karena perusahaan tempat mereka bekerja mengalami kerugian dan buruh terancam tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Sumarsih, salah satu buruh mengatakan, aksi itu dilakukan guna meminta kejelasan dari pihak perusahaan, karena telah memecat buruh secara sepihak dengan alasan merugi. Padahal, hak-hak buruh belum dipenuhi, seperti THR yang belum di bayarkan.

“Kami tidak masalah dipecat. Asal pembayaran pesangon sesuai dengan peraturan Menteri Tenaga Kerja. Serta, THR juga harus dibayar,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Abduh Surahman mengaku pihaknya akan menampung dan mempelajari tuntutan buruh pabrik plastik tersebut.

“Karena jika perusahaan merugi atau terjadi peralihan management, pihak perusahaan tetap wajib memberikan THR kepada karyawannya. Makanya, jika terbukti melanggar, tentunya perusahaan itu akan ditindak sesuai undang-undang,” katanya. **Baca juga: Polisi Pelajari Rekaman CCTV Alfamart Ciputat.

Para buruh yang sebagian besar wanita ini berharap secepatnya ada kejelasan tentang nasib mereka, karena sudah mendekati hari raya Idul Fitri dimana banyak kebutuhan yang harus di beli.(Ali)

Berita Terbaru