oleh

Bursa Pilpres, Begini Kalkulasi Ala Ridwan Saidi

Kabar6-Konstalasi politik jelang perebutan kursi RI-1 semakin memanas. Itu setelah muncul sejumlah kandidat yang diusung oleh partai politik.

Tak heran bila gaung pemilihan presiden (Pilpres) lebih terasa hingga menyita perhatian dan jadi perbincangan publik.

Seperti halnya prediksi yang disampaikan Pengamat Sosial Politik, Ridwan Saidi ditemui usai di Serpong, kemarin. “Saya enggak tahu gimana, Pilpres ini bisa menarik atau tidak,” katanya.

Terkait pengusungan kandidat oleh masing-masing partai politik, menurut Saidi, masih misterius. Ia menerawang, ada dua partai politik yang akan maju sekali jalan dalam mengusung sosok calon presiden.

Kedua partai tersebut yakni, Partai Golkar yang mengusung Aburizal Bakrie dan Partai Gerindra memplot Prabowo Subianto.

Perolehan suara Partai Demokrat diperkirakan hanya menembus angka sekitar 8-10 persen. Alhasil, partai pemeneng Pemilu 2009 itu harus koalisi dan Partai Gerindra menjadi pilihannya.

Sementara untuk Partai Hanura, NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera, Saidi tak bisa menerawang. Alasannya masih terlalu dini untuk menebak arah politik semua partai peserta Pemilu 2014.

“Drop, jeblok (suara PDI Perjuangan). Yang dukung siape, survey-survey sih enggak ada urusan,” ketus Babe, begitu sapaan akrabnya. **Baca juga: Kader PPP Terpilih Dibekali Ilmu Anti Korupsi.

Meski begitu, tambah Saidi, ia yakin bila Partai Gerindra dan Golkar bisa maju sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya. Sebab mesin politik kedua partai itu dianggap masih moncer.(yud)

Berita Terbaru