oleh

Bupati Zaki: Dana Sertifikasi Guru Cair Tahun Ini

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, menginformasikan bahwa realisasi pencairan dana sertifikasi untuk seribuan guru yang sempat macet sejak Desember tahun lalu, dipastikan akan dilakukan pada akhir tahun ini.

Hal itu, disampaikan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar kepada Kabar6.com, Jumat (5/7/2013). “Kini kami tengah berupaya mencari cara agar dana sertifikasi bagi pahlawan tanpa tanda jasa itu, bisa dicairkan tepat pada waktunya,” ujarnya.

Tak hanya itu, segala kekurangan persyaratan berupa Daftar Pokok Pendidik (Dapodik) telah diajukan ke pemerintah pusat dan data-data itu sudah dibuat seakurat mungkin.

“Saya minta kepada guru-guru agar bersabar. Jangan kuatir, duit itu pasti cair Desember tahun ini,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Zainuddin menjelaskan, keterlambatan pencairan dana sertifikasi guru itu bukan kesalahan dirinya, melainkan kelalaian pejabat lama. Pasalnya, dia memegang jabatan sebagai orang nomor satu di dinas pendidikan baru beberapa bulan ini.

“Terlambatnya pencairan dana sertifikasi itu bukan kesalahan kami, tapi pejabat lama,” tegasnya.

Namun demikian lanjutnya, penyelesaian atas persoalan itu tetap akan menjadi tanggungjawab dirinya.

Untuk itu, dia dan sejumlah jajarannya yang ada di dinas itu terus melakukan perbaikan kinerja secara maksimal, agar permasalahan serupa tidak terulang kembali.

“Persoalan itu sudah kami selesaikan. Dan, akhir tahun ini dana yang di maksud jelas cair,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini mekanisme pencairan dana tersebut tengah dilakukan penggodokan. Sebab, dana itu dicairkan bukan melalui dinas pendidikan, tapi langsung ditransfer oleh pemerintah pusat lewat rekening masing-masing guru.

“Jadi, jangan tanya lagi soal itu ke kami. Karena, pencairannya langsung ke rekening guru. Tugas kami, hanya membantu secara administrasi saja,” tutur mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang ini.(din)

Berita Terbaru