oleh

Bupati Zaki Dampingi Puan Maharani Resmian Paviliun B RSU Siloam

Kabar6-Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Puan Maharani, meresmikan Paviliun B Rumah Sakit Umum (RSU) Siloam, Kabupaten Tangerang, Selasa, (1/12/2015).

 

Hadir dalam peresmian ini, antara lain Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Gubernur Banten Rano Karno, Agum Gumelar, Chairman & Founder Lippo Group Mochtar Riady, CEO Lippo Group James Riady, dan Presiden Lippo Group Theo L Sambuaga.

 

Dalam sambutannya, Menko PMK Puan Maharani berterima kasih kepada Lippo Group, khususnya Siloam Hospital Group karena telah berkontribusi dalam pelayanan kesehatan pada masyarakat Indonesia.

 

Dia juga berharap, kerja sama Lippo Group dengan pemerintah bisa semakin ditingkatkan, antara lain melalui lembaga pendidikan kedokteran dan perawat yang sedang dikembangkan oleh Lippo Group.

 

Puan juga mendukung rencana Lippo Group untuk mengembangkan rumah sakit dan fasilitas kesehatan sampai ke seluruh daerah.

 

“Saya harapkan kedepannya peningkatan status RS dari tipe B ke tipe A itu bukan hanya sekedar banyak jumlahnya ruang inap atau Bed nya saja tetapi yang perlu di tingkatkan juga adalah kualitas pelayanannya,” katanya.

 

Menurut Puan, hal ini sesuai dengan visi pemerintah agar pembangunan dimulai dari pinggiran, termasuk pembangunan kesehatan.

 

Puan berharap, lembaga fakultas kedokteran dan perawat yang dikembangkan Siloam bisa diintegrasikan dengan puskesmas atau fasilitas kesehatan lain di wilayah terpencil.

 

Presiden Lippo Group Theo L Sambuaga mengatakan hadirnya paviliun ini sebagai jawaban kebutuhan masyarakat akan sarana layanan kesehatan.

 

Sejak beroperasi pada 2012 RSU Siloam telah menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Daerah, Multiguna serta BPJS dan dilayani dengan baik, sesuai standar nasional dan internasional.

 

“Hingga saat ini RSU Siloam telah dilengkapi dengan sarana layanan kesehatan yang modern, berkualitas dan terjangkau. Selain itu juga sesuai dengan visi dan misi Siloam yang sejalan dengan program pemerintah menuju Indonesia Sehat,” papar Theo.

 

Theo menambahkan, komitmen untuk memberikan layanan prioritas bagi pasien BPJS dan jaminan kesehatan daerah terlihat dari perkembangan fasilitas dan servis yang mumpuni.

 

Diantaranya perluasan Unit Gawat Darurat, penambahan jumlah tempat tidur yang dapat menampung hingga 300 pasien, dengan kapasitas 600 tempat tidur yang akan dibuka bertahap.

 

“Jumlah pasien juga mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Sampai bulan November 2015, RSUS sudah melayani sekitar 175.000 atau sebesar 72 persen dibandingkan dengan tahun 2014,” pungkasnya.

 

Sementara, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, kehadiran RSU Siloam sangat membantu meringankan masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasialan rendah (mbr). ** Baca juga: Begini Cara Pelajar Tangerang Peringati Hari AIDS

 

“Ini wujud nyata kepedulian swasta yaitu Lippo Group, dalam membangun fasilitas kesahatan. Saya sangat mengapresiasi kepedulian swasta dalam membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan murah kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.(hms/tom migran)

Berita Terbaru