oleh

Bupati Zaki Dampingi Jokowi, Kunjungi GIIAS 2021 di ICE BSD City Kabupaten Tangerang

Kabar6 – Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar mendampingi Presiden Jokowi saat kunjungi Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD City, Kec. Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Presiden Jokowi hadir dalam pameran GIIAS 2021 pukul 09.30 WIB dan langsung berkeliling mengunjungi beberapa booth produsen mobil, mulai dari hall 1 hingga hall 7 ICE BSD City.

Turut hadir mendampingi Presiden saat meninjau pameran GIIAS tersebut yaitu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, dan Ketua Penyelenggara GIIAS Rizwan Alamsjah.

Presiden Jokowi mendorong diproduksinya mobil yang ramah lingkungan kepada para CEO produsen mobil karena sudah menjadi fokus pemerintah pada masa mendatang yaitu menghadirkan ekosistem mobil ramah lingkungan.

“Saya sampaikan pentingnya membangun ekosistem untuk mobil yang ramah terhadap lingkungan. Oleh sebab itu kita mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tapi sekali lagi, semuanya harus ramah lingkungan,” tegasnya, Rabu (17/11/21).

Menurut Jokowi, pandemi covid-19 mengakibatkan dampak yang sangat besar terhadap industri otomotis yang juga membawa gerbong UMKM komponen yang tidak sedikit jumlahnya. Gerbong UMKM di sini adalah mereka para pengusaha yang penyuplai komponen-komponen otomotif.

Oleh sebab itu pemerintah kemudian membuat kebijakan untuk rilaksasi, salah satunya melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor : 120/PMK.010/2021 dimana besaran insentif diskon PPnBM kendaraan bermotor yang semula diberikan dari Maret hingga Agustus 2021 diperpanjang menjadi hingga Desember 2021.

Kebijakan tersebut membuahkan hasil yang dapat dilihat dari meningkatnya produksi dan penjualan dari industri otomotif. Menurut Kepala Negara, kebijakan relaksasi PPnBM berhasil mendongkrak kenaikan penjualan mobil hingga lebih dari 60 persen.

“Peningkatan ini, tentu sangat baik bagi industri otomotif, selain itu juga dapat mendongkrak pemulihan ekonomi” kata Jokowi.

Sementara itu secara terpisah, Bupati Zaki merasa bangga ICE BSD City Kec. Pagedangan Kabupaten Tangerang menjadi lokasi pameran otomotif termegah di Indonesia bahkan Asia yang penyelenggaraanya menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Tangerang, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi beserta para menteri yang berkenan hadir mengunjungi ICE BSD City, Kec. Pagedangan Kabupaten Tangerang. Semoga dengan kunjungan beliau akan membangkitkan geliat pemulihan ekomoni di Kabupaten Tangerang, kita tidak hanya menjadi penonton namun juga menjadi pemain di rumah sendiri”, terangnya.

**Baca juga: Polisi Tangkap Pencuri Motor Pedagang Angkringan di Pasar Kemis

Lanjut dia, Kabupaten Tangerang yang sudah berada pada level 1 merupakan kerja keras dan upaya sinergitas bersama, baik itu pemerintah daerah, TNI/POLRI dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tangerang dan mengajak masyarakat untuk terus berwaspada dengan menerapkan protokol kesehatan di segala aktifitas yang dilakukan. Jangan larut dalam euforia kelonggaran yang diberikan karena kita masih berjuang agar tidak terulang lagi gelombang pandemi covid-19.

“Mari kita syukuri ini semua dengan bijak. Jangan lengah dan senantiasa berwaspada. Terapkan terus protokol kesehatan sampai pandemi ini berakhir”, ajaknya.(red)

Berita Terbaru