oleh

Bupati Tangerang Resmikan Sanimas

Kabar6-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan Sanitasi Masyarakat (Sanimas) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggrek di Kampung Pekong, RT. 05/01, Desa Saga, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Jum’at (7/3/2014).

Dalam kesempatan itu, Bupati berpesan agar masyarakat mulai menjaga pola hidup sehat, bersih, dan menjaga lingkungan disekitar.

“Ini adalah bukti nyata bahwa masyarakat ikut serta dalam pembangunan di Kabupaten Tangerang, khususnya dibidang sanitasi lingkungan. Dan, ini harus menjadi contoh bagi wilayah kecamatan yang lain,” ujarnya.

Bupati juga berharap, peresmian Sanimas KSM Anggrek ini, sekaligus bisa merubah pola hidup warga perdesan yang tadinya buang air besar (BAB) sembarangan, menjadi paham dengan pentingnya sanitasi untuk kesehatan lingkungan. 

Sementara, Ketua Panitia Peresmian Sanimas KSM Anggrek, Hamdani mengatakan pembangunan Sanimas tersebut terdiri dari bangunan dengan 8 ruang toilet yang dibagi menjadi dua bagian, masing-masing 4 untuk pria dan wanita. Juga ada tempat whudu hingga westafel untuk mencuci tangan.

Pada Sanimas tersebut, kata Hamdani, pihaknya juga menerapkan biogas hasil kotoran manusia, untuk diolah menjadi gas dan dimanfaatkan untuk kebutuhan warga setempat. **Baca juga: Ini 25 Grand Design Tangerang Gemilang 2014.

“Sanimas ini kita bangun sejak Desember 2013 lalu di tiga titik, masing-masing di Kecamatan Mauk, Balaraja dan Cisoka, dengan biaya sebesar Rp.400 juta. Selain untuk memfasilitasi sanitasi masyarakat, Sanimas ini juga menjadi ajang edukasi bagi warga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya. **Baca juga: Bupati Zaki Ajak Anak Tangerang Budayakan Membaca.

Dan, kata Hamdani, sebagai bentuk kecintaan warga terhadap pemimpinnya, warga bahkan belum menggunakan sanitasi tersebut, sampai akhirnya hari ini Sanimas diresmikan langsung oleh Bupati.(hms/mer)

**Baca juga: Awal Maret, 5 Ribu Kartu Pintar Diluncurkan.

Berita Terbaru