oleh

Bupati Lebak: Yang Bilang Saya Gagal Tanya ke BPS

Kabar6-Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menghadiri peresmian gedung kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebak, Jalan Jenderal Sudirman KM3, Narimbang Mulia, Rangkasbitung, Rabu (30/1/2019).

Usai meresemikan bersama Inspektur Utama BPS RI Ahmad Jaelani dan Kepala BPS Banten Agoes Soeno, Iti melihat-lihat setiap ruangan di gedung yang berdiri di atas lahan seluas 1.590 meter tersebut.

Di sela melihat tiap ruangan di gedung tersebut, Iti seolah diingatkan mengenai kritik dan penilaian yang menyebut bahwa kepemimpinannya bersama Ade Sumardi pada periode pertama gagal.

“Yang bilang saya gagal coba tanya ke BPS,” kata Iti.

Pernyataan itu kembali diucapkan Iti saat ditanya wartawan mengenai sinergi pemerintah daerah (pemda) dengan BPS. Bahkan, Iti memastikan tidak ada kongkalingkong antara pemda dengan BPS mengenai data.

“Kalau kemarin dikatakan saya dan Pak Wakil gagal dalam pembangunan, silahkan saja (tanya) ke BPS kita ada kongkalingkong enggak, kan bisa kelihatan penurunan kemiskinan berapa dari kebijakan pembangunan,” papar Iti.

Kritik kepada pasangan Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi setelah resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lebak periode 2019-2024 disampaikan Keluarga Besar Mahasiswa (Kumala) usai Iti menyampaikan visi misi dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Lebak, Selasa 15 Januari 2019 lalu.

Di periode pertama kepemimpinannnya, Iti dinilai gagal mewujudkan visi misi 2014-2019. Mahasiswa mendesak agar Iti-Ade menandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen keduanya merealisasikan visi misi di periode keduanya.

Terlibat argumen dengan mahasiswa, Iti dengan nada tinggi meminta kritik mahasiswa disertai dengan data yang lengkap dari BPS.

“Basis datanya sampaikan. Misalnya kemiskinan, hasil analisis BPS berapa sampaikan datanya. Ini kan cuma narasi doang,” kata Iti.**Baca Juga: Antisipasi Banjir, Kecamatan Batu Ceper Buat Biopori Jumbo.

“Sampaikan dulu datanya nanti saya ekspose. Kami ini sedang menyusun RPJMD,” sambung Iti.(Nda)

Berita Terbaru