oleh

Bupati Irna Siapkan Program Untuk Masyarakat Graduasi Mandiri

Kabar6- Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan menyiapkan program untuk masyarakat atau keluarga yang melakukan graduasi mandiri (pengundurandiri) dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Di Pandeglang, ada 6 keluarga dari 1.233 KPM PKH di Kecamatan Bojong kini melakukan graduasi mandiri. “Saya meminta Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) untuk siapkan program untuk masyarakat yang graduasi mandiri,” kata Irna, usai acara penyerahan bantuan PKH tahap I di Kampung Awi Tali Desa Bojong, Senin (27/1/2020).

Irna berharap ada bantuan permodalan usaha bagi mereka (masyarakat) yang graduasi sehingga status sosial mereka tidak turun lagi.

Bupati Irna mengapresiasi bagi warga yang melakukan graduasi mandiri. Kata dia, ini bisa menjadi contoh KPM PKH lainnya yang ada di Pandeglang.”Jika banyak yang melakukan graduasi mandiri, tentu bisa diajukan kembali program PKH ini untuk masyarakat yang belum terakomodir,” imbuhnya.

Enam keluarga yang mengajukan graduasi mandiri yaitu Haeriyah Kampung Cibogo Desa Banyumas, Siti Umayah Kampung Dahu Desa Mekarsari, Samsiah Kampung Cipari Desa Mekarsari, Marsah Kampung Sukatani Desa Mekarsari, Icun Kampung Sawah Lega Desa Banyumas dan Eem Kampung Baru Desa Mangun Jaya.

**Baca juga: Wakil Ketua DPRD Pandeglang Didaulat Menjadi Ketua RAPI.

Sementara Kepala Dinas Sosial Nuriah mengatakan, terkait keluarga yang graduasi bisa dimasukan Kelompok Bersama (Kube) jika memiliki sebuah keahlian.”Apabila ibu punya keahlian silahkan berkelompok mengajukan kube, program nya ada di kami (Dinsos),”ujarnya.

Diungkapkan Nuriyah, dirinya merasa bangga kepada keluarga yang melakukan graduasi mandiri.”Ini jadi contoh, saya harap kecamatan lain bisa begitu. Jangan sampai tergraduasi sistem yang secara otomatis jika sudah tidak ada lagi komponen keluarga,”pungkasnya. (Aep)

Berita Terbaru