oleh

Bupati Irna: PKBM Ujung Tombak Pendidikan di Pandeglang

Kabar6-Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) bisa menjadi ujung tombak dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan masyarakat di Pandeglang.

“Untuk itu saya meminta para pengelola PKBM di Kabupaten Pandeglang, agar mengelola PKBM dengan baik,” ujarnya Selasa (6/8/2019).

Dia berharap dengan kerjasama yang baik dengan pengelola PKBM dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Kita harus mendongkrak indeks pembangunan manusia, pemerintah daerah memberikan bantuan kepada lembaga yang memiliki komitmen jelas dalam meningkatkan mutu pendidikan masyarakat, salah satunya PKBM,” ungkapnya.

Menurut Irna, PKBM adalah lembaga yang harus meningkatkan mutu pendidikan masyarakat formal maupun non formal.

Harapannya, kata dia, masyarakat yang mengikuti ujian nasional (UN) formal atau non formal bisa bersaing dengan lulusan sekolah di tingkat SMP maupun SMA, serta dapat menunjang mutu dan kualitas hasil pendidikan yang sudah diperoleh.

“Saya berharap dengan adanya UN paket B dan C di setiap PKBM bisa digunakan untuk persyaratan bekerja.”**Baca juga: Truk Timpa Daihatsu Xenia di Kota Tangerang, ini Kata Polisi.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Dindikbud Pandeglang, Abdul Hadits Muntaha mengatakan, bantuan dana BOP tersebut diberikan kepada 23 lembaga PKBM. Sementara setiap lembaga mendapatkan bantuan dana dari Rp20 juta, Rp30 juta hingga Rp250 juta.

“Saya minta pengurus PKBM yang dapat bantuan harus menggunakan dana itu sesuai aturan. Penggunaan anggaran itu akan selalu kita awasi sesuai peraturan Kemendikbud,” kata Abdul. (Aep)

Berita Terbaru