oleh

Bulu Mata Rontok, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kabar6-Bulu mata, atau lebih tepatnya rambut mata, adalah bagian dari kelopak mata yang berupa helaian rambut-rambut, berfungsi untuk melindungi supaya debu, keringat atau air yang menetes dari dahi tidak masuk ke mata. Rambut mata merupakan rambut yang sangat lembut.

Sayangnya, seringkali bulu mata rontok sehingga akan mengganggu enampilan. Beberapa penyebabnya mungkin sepele, namun ada yang membutuhkan perhatian medis khusus. Dikutip dari Hellosehat, berikut adalah enam penyebab bulu mata Anda rontok:

1. Penggunaan maskara
Maskara waterproof mengandung bahan kimia yang menyebabkan bulu mata jadi lebih kaku. Tinta maskara yang menempel erat akan membuat bulu mata kaku, sehingga Anda membutuhkan tenaga lebih untuk menghilangkannya. Hal ini berisiko membuat bulu mata lebih rentan rontok. Selain itu dalam beberapa kasus, ada orang yang alergi dengan produk maskara tertentu, sehingga membuat bulu mata rontok dan akhirnya menipis.

2. Kebiasaan mengucek mata
Kebasaan ini sebenarnya bisa membuat bulu mata berjatuhan satu per satu. Jadi usahakan untuk tidak mengusap bagian mata terlalu keras. Tidaak hanya membuat bulu mata rontok, mengucek mata juga tidak baik untuk kesehatan mata. Tangan yang Anda gunakan untuk mengucek mungkin saja dipenuhi dengan bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan mata terinfeksi.

3. Gunakan penjepit bulu mata
Tanpa disadari, penggunaan penjepit justru membuat bulu mata gampang rontok. Terlebih jika digunakan ketika Anda memakai maskara. Bulu mata jadi lebih lengket dan akhirnya ketika dijepit, bulu akan menempel pada permukaan penjepit yang menyebabkan kerontokan

4. Radang pada bagian kelopak mata
Radang atau infeksi yang terjadi pada kelopak mata disebut dengan blefaritis. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh infeksi kuman, cedera, atau reaksi alergi. Salah satu dampak yang ditimbulkan ketika radang kelopak mata terjadi adalah rontoknya bulu mata. Bila hal ini disertai dengan rasa sakit di area mata, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

5. Alopecia
Bila Anda merasa bulu mata terus rontok dan sulit tumbuh, mungkin Anda mengalami penyakit autoimun yang disebut dengan alopecia, biasanya ditandai dengan kerontokan rambut kepala. Namun bulu mata, alis dan bulu halus di bagian tubuh lainnya juga bisa terpengaruh.

6. Sedang jalani kemoterapi
Jangan kaget jika saat Anda menjalani kemoterapi, semua bulu dan rambut Anda rontok. Meskipun efek samping ini tergantung dari jenis serta dosis obatnya, umumnya kemoterapi dapat membuat beberapa helai bulu mata Anda rontok. Namun jangan khawatir, usai pengobatan kanker bulu mata Anda akan kembali tumbuh normal seperti sediakala. ** Baca juga: Penelitian: Rajin Masak Sendiri di Rumah Bantu Turunkan Badan Turun

Meskipun bulu mata rontok, Anda bisa membuat pertumbuhannya lebih cepat dengan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa nutrisi yang bisa membantu pertumbuhan bulu mata seperti, protein, biotin, vitamin B3, zat besi, dan berbagai macam mineral. Atau gunakan serum penyubur bulu mata.(ilj/bbs)

Berita Terbaru