oleh

Buket Bunga Persembahan Dewa Berusia 1.800 Tahun Berada di Bawah Terowongan Piramida di Meksiko

Kabar6-Buket bunga yang dipercaya sebagai persembahan untuk pada dewa ditemukan di bawah kuil dewa Quetzalcoatl, piramida reruntuhan kota Teotihuacan, Meksiko. Quetzalcoatl sendiri adalah dewa penting selama Mesoamerika kuno.

Dewa Quetzalcoatl dipercaya bertanggung jawab atas penciptaan umat manusia, yang mungkin menjadi alasan mengapa bunga persembahan ditemukan di bawah kuil dewa.

Seorang arkeolog di Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko bernama Sergio G√≥mez, melansir Dailymail, mengatakan bahwa batang-batang bunga tersebut dalam kondisi baik dan masih terikat dengan tali asli terbuat dari kapas. “Total ada empat karangan bunga dalam kondisi sangat baik. Itu masih diikat dengan tali, mungkin terbuat dari kapas,” kata Gomez

Penemuan buket bunga persembahan untuk dewa ini, menurut Gomz, sangat penting karena berbicara tentang ritual yang dilakukan di tempat tersebut. Namun ditambahkan, masih terlalu dini untuk menentukan jenis bunga serta tanggal pasti kapan buket itu disimpan.

Para ahli memprediksi, bunga itu berusia antara 1.800-2.000 tahun. Sementara Kota Teotihuacan sendiri diperkirakan dibangun pada 100 SM, dan ada hingga abad ke-8.

Saat ini, hanya sekira lima persen Teotihuacan yang telah digali meski sudah lebih dari 100 tahun eksplorasi. ** Baca juga: Pencuri di Paraguay Ganti 130 Senjata Polisi dengan Replika dari Plastik dan Kayu

Penemuan buket bunga persembahan untuk dewa Quetzalcoatl ini adalah bahan botani utuh pertama yang ditemukan di lokasi tersebut. Selama penggalian, tim ilmuwan juga menemukan lebih dari 100 ribu artefak di dalam kota kuno, dan khususnya di bawah tiga piramida yang masih berdiri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru