oleh

Bukan Sekadar Romantis, Berpegangan Tangan dengan Pasangan Miliki 3 Manfaat Positif

Kabar6-Berpegangan tangan merupakan salah satu cara berkomunikasi non verbal yang efektif, untuk bisa menunjukkan rasa sayang, cinta, melindungi, dan peduli. Dengan sentuhan atau berpegangan tangan, maka akan timbul rasa kasih sayang antara Anda dan pasangan.

Menurut direktur Touch Research Institute (TRI) di Fakultas Kedokteran Universitas Miami Miller bernama Tiffany Field, melansir Orami, pegangan tangan menjadi salah satu bentuk sentuhan paling kuat karena kulit adalah organ yang membutuhkan stimulasi, seperti halnya telinga dan mata. Lantas, apa saja manfaat dari berpegangan tangan dengan pasangan?

1. Melepas stres
Salah satunya pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. James A. Coan, seorang psikolog di University of Virginia dan tim penelitinya, menemukan bahwa berpegangan tangan dengan pasangan dapat membantu Anda tetap tenang dan bebas stres.

Saat Anda berpegangan tangan dengan pasangan, tubuh akan memproduksi serotonin yang menjadi zat penimbul rasa bahagia dan mengurangi hormon stres yaitu kortisol.

2. Bukti cinta dan komitmen
Penelitian yang dilakukan Universitas California Los Angeles (UCLA), menunjukkan bahwa sentuhan manusia dapat memicu pelepasan oksitosin atau ‘hormon cinta’ di otak kita.

Oksitosin adalah neurotransmitter yang meningkatkan rasa percaya, kemurahan hati, dan kasih sayang, serta dapat mengurangi perasaan takut dan cemas. ** Baca juga: Tidak Selalu Merugikan, Stres Ternyata Memiliki 5 Manfaat

3. Sehat untuk jantung
Sebuah studi dari Behavioral Medicine menghasilkan kesimpulan bahwa berpegangan tangan dengan pasangan dapat menurunkan tekanan darah. Diketahui, tekanan darah tinggi sendiri menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung.

Studi dari Behavorial Medicine juga mendukung klaim ini. Saat menjepit jari tangan dengan orang yang kita sayang dan cintai, Anda tidak hanya mengurangi stres dan meningkatkan hubungan percintaannya saja, tetapi juga mendapatkan sensasi nyaman, sehingga akan berpengaruh pada kesehatan jantung.

Menyenangkan, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru