oleh

Budaya Lokal Tangsel Dalam Motif Batik Etnik Sekar Purnama

Kabar6-Ada beberapa motif batik yang selalu dikedepankan pesona batik etnik Sekar Purnama. Semua motif itu mengangkat kearifan dan kekayaan budaya lokal yang ada di Tangerang Selatan (Tangsel).

Sang pengelola galery batik Sekar Purnama, Nelty Fariza menjelaskan sejak 2002 dirinya berkiprah di ranah batik. Hal ini membuat wanita yang tinggal di kawasan Bintaro ini ingin menonjolkan ragam kearifan dan kekayaan budaya lokal melalui motif batik.

Dirinya telah menghasilkan beberapa motif utama yang kerap menjadi kebanggaannya di setiap even lokal maupun Internasional.

“Saya ingin terus memperkenalkan kekayaan budaya lokal yang ada di Tangsel ke kancah nasional maupun internasional melalui batik,” kata Nelty, Rabu (17/01/2018).

Beberapa motif yang kerap diagulkan Nelty, di antaranya motif sekar jagad, motif anggrek, motif badak bercula satu khas Banten serta motif akulturasi budaya Betawi dengan blandongannya serta banyak motif lainnya yang tak dapat disebutkan semua.

“Masih banyak motif-motif lain yang semuanya mengangkat kearifan dan kekayaan budaya lokal Tangerang Selatan dalam koleksi saya. Dan, sebagian koleksi itu sudah membuat jatuh hati para pecinta batik di Jepang maupun Hongkong,” paparnya.

Disibukkan promosi melalui kegiatan even lokal maupun Internasional, tak membuat Nelty alpa untuk terus mensosialisasikan cinta batik kepada kawula muda, khususnya anak-anak.

Untuk itu, pihaknya telah membuat koleksi batik dengan beberapa motif cantik yang ditujukan untuk segmen anak-anak.**Baca Juga: Ajakan Memilih Kotak Kosong di Kabupaten Tangerang Dianggap Tak Cerdas.

“Cinta batik itu harus dimulai sejak dini. Dan, saya terus melakukan sosialisasi cinta batik melalui even terhadap anak-anak. Agar kelak mereka (anak-anak) dapat meneruskan dan merawat batik sebagai kekayaan budaya lokal yang layak untuk dijaga keberadaannya,” pungkasnya. (fit)

Berita Terbaru