oleh

BPTI Terapkan Inovasi Aplikasi Smart Tangsel

Kabar6-Bagian Pengelolaan Teknologi Informasi (BPTI) Sekretariat Daerah Tangerang Selatan, menyuguhkan tiga program penerapan dunia maya yang semakin komunikatif dan interaktif.

Lewat inovasi terbaru ini, masyarakat dapat melakukan komunikasi dengan aparatur daerah setempat yang berkaitan dengan pelayanan publik.

“Kami sudah gulirkan program yang namanya Smart Tangsel. Ini merupakan aplikasi interaktif antara warga dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui android ataupun sejenisnya,” kata Kepala BPTI Kota Tangsel Aplahunnajat, kepada kabar6.com di Serpong, kemarin

Dijelaskannya, warga atau aparatur daerah selaku pengguna media teknologi itu dapat dengan mudah mengunduh aplikasi tersebut melalui google playstore.

“Aplikasinya mirip media sosial twitter. Jadi warga bisa langsung mengupload foto keluhan jalan berlubang, sampah ataupun lainnya melalui aplikasi Smart Tangsel,” jelas Aplah.

Menurutnya, keberadaan program Smart Tangsel ini bertujuan untuk lebih dapat mendekatkan diri antara pihak pelayan dengan masyarakat yang dilayaninya.

Aplah bilang, selain itu sebelumnya BPTI juga telah menggulirkan dua program lainnya. Seperti SMS (pesan singkat) Centre, surat elektronik melalui info@tangerangselatankota.go.id atau situs resmi yang dapat digunakan masyarakat untuk mengutarakan keluhan maupun informasi lainnya.

“Melalui ini masyarakat dari berbagai kalangan dapat dengan mudah menyampaikan saran, masukan, informasi, atau keluhan terhadap kinerja Pemkot Tangsel,” terangnya.

Ditegaskan Aplah, pesan masyarakat yang memuat sesuatu yang tidak konstruktif seperti hujatan, tidak terkait dengan pelayanan pemerintah daerah, promosi, dan sebagainya tidak akan ditayangkan.

Saat ini, tambahnya, BPTI sedang membidik seluruh aparatur di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Tangsel untuk dapat memahami dan mengoperasikan ketiga program teknologi ini.

Setelah itu dilanjutkan BPTI akan melaksanakan road show ke tingkat paling bawah. Sasarannya yakni masyrakat di 54 kelurahan dan tujuh kecamatan. **Baca juga: Pembuangan Sampah Liar di Pamulang Resahkan Warga.

“Admin yang akan meneruskan pesan singkat ataupun email pertanyaan dari warga. Kemudian pesan singkat atau informasi tersebut akan langsung ditanggapi ataupun dijawab oleh pimpinan dinas terkait dan ditampilkan di situs resmi Pemkot Tangsel,” jelas mantan Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kota Tangerang Selatan itu.(yud)

Berita Terbaru